Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Kelas X Dengan Metode Drill and Practice

Dimas Maulana Muhammad, Harja Santana Purba, Asdini Sari

Abstract


Perkembangan teknologi pada zaman sekarang sangat pesat dan menyasar semua aspek kehidupan termasuk dalam aspek pendidikan. Pemanfaatan teknologi internet pada pendidikan dapat dalam berbagai bentuk salah satunya media pembelajaran interaktif berbasis web dalam pembelajaran tertentu. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear kelas X dengan metode drill and practice dan menganalisis hasil kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah R&D dengan model ADDIE. Teknologi yang digunakan untuk mengembangkan media ini adalah NextJS, ReactJS, Tailwind CSS, JSON, dan Firebase. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket, dan tes. Media pembelajaran interaktif berbasis web ini diimplementasikan di kelas X B MAN 3 Banjarmasin yang kemudian didapatkan data dan dianalisis validitas, kepraktisan, dan keefektifan sehingga didapatkan hasil sebagai berikut (1) media dan materi dikatakan valid berdasarkan hasil validitas dengan kriteria sangat tinggi; (2) media dikatakan praktis berdasarkan hasil angket respon guru dan siswa dengan respon sangat positif dan positif; dan (3) media dikatakan efektif berdasarkan hasil belajar siswa yang melewati target KKM yang ditentukan. Berdasarkan pemaparan tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran layak dan dapat digunakan untuk pembelajaran materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linear kelas X.

 


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Fajriah, N., & Wiranda, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Kelas VII Dengan Metode Drill And Practice. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(2), 49-62. Diambil kembali dari https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/5083/3471

Arikunto. (2010). Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, R. A., Rukun, K., & Maksum, H. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Vol 4(1), 303- 314. doi:https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25840

BSNP. (2022). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Diambil kembali dari BSNP: https://bsnp- indonesia.org/2014/05/intrumen-penilainbuku-teks-pelajaran-tahun-2014/

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, Vol 8(1), 31-43. doi:https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095

Drajat, M., Purba, H. S., & Mahardika, A. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Fungsi Kuadrat Kelas IX Metode Drill And Practice. Computer Science Education Journal (CSEJ), 1(1), 35-45. Diambil kembali dari https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/3719/3040

Erliandi, Y., Sukmawati, R. A., & Adini, M. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Pada Materi Basis Data Menggunakan Metode Pembelajaran Drill And Practice. Computer Science Education Journal (CSEJ), Vol 2(1), 25-32. Diambil kembali dari https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/csej/article/view/6612/4324

Gunawan, F. N., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill and Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-hari. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 187-198.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Saintifika Islamica : Jurnal Kajian Keislaman, 129-150. Diambil kembali dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/saintifikaislamica/article/vie/1204

Maulidan, M. H., Sukmawati, A., & Suryaningsih, Y. (2021). Media Berbasis Progressive Web Application (PWA) pada Pembelajaran Perpangkatan dan Bentuk Akar dengan Metode Tutorial. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(1), 44-61. Diambil kembali dari https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj/article/view/4436/3262

Ningsih, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Mipa Sman 1 Lubuklinggau Melalui Penggunaan Media Powerpoint. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 64-72. doi:https://doi.org/10.36706/jls.v2i2.12703

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Warsita, B. (2008). Teknologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.20527/cetj.v3i1.8775

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter