HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA TERHADAP KEPUASAN PASIEN GIGI TIRUAN DI RSGM GUSTI HASAN AMAN BANJARMASIN
Abstract
Latar Belakang: Keberhasilan pelayanan kesehatan adalah terpenuhinya harapan pasien akan mutu kualitas pelayanan. Salah satu indikator yang digunakan untuk mengevaluasi kualitas pelayanan adalah dengan mengukur kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan baik atau buruknya pelayanan yang diterima pasien. Indikator kepuasan pasien dapat dilihat dari kualitas pelayanan dalam teori Parasuraman et.al (1998) yang dibagi menjadi lima dimensi, dimensi tampilan (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), dan perhatian (empathy). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan kualitas pelayanan dokter gigi muda terhadap kepuasan pasien gigi tiruan sebagian lepasan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian ini adalah pasien gigi tiruan sebagian lepasan dokter gigi muda sebanyak 38 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Analisi data menggunakan analisis univariat dan bivariate menggunakan aplikasi SPSS dengan metode somers’D Hasil: Hasil penelitian didapatkan kualitas pelayanan dokter gigi muda termasuk dalam kategori baik (81,6%), kepuasan pasien gigi tiruan sebagian lepasan termasuk dalam kategori puas (71,1%) dan terdapat hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien gigi tiruan sebagian lepasan di RSGM Gusti Hasan Aman Banjarmasin (p = 0,000).Kesimpulan: Semakin baik kualitas pelayanan dokter gigi muda yang diberikan maka akan semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan pasien.
Kata kunci: Gigi Tiruan Sebagian Lepasan, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan
Full Text:
PDFReferences
Siagian K V, Studi P, Dokter P, Fakultas G, Universitas K, Manado Sr. Kehilangan Sebagian Gigi Pada Rongga Mulut. Jurnal E-Clinic (Ecl). 2016;4(1).
Kemenkes Ri. Laporan Nasional Riskesdas 2018. 2018. 183–209 P.
Mokodompit R, Siagian K, Anindita P. Persepsi Pasien Pengguna Gigi Tiruan Lepasan Berbasis Akrilik Yang Menggunakan Jasa Dokter Gigi Di Kotamobagu. Jurnal E-Gigi (Eg). 2015;3(1):216–22.
Kemenkes Ri. Laporan Provinsi Kalimantan Selatan Kesehatan Riskesdas. 2018. 136–138 P.
Kemenkes Ri. Metodologi Penelitian Kesehatan. 2018. 15–170 P.
Abubakar S, Nurhaeni. Tingkat Kepuasan Pasien Pengguna Gigi Tiruan Lepasan Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Sulewesi Selatan. Media Kesehatan Gigi. 2019;18(2):37–43.
Gunadi AH. Buku Ajar Prostodonsia Sebagian Lepasan. Jakarta. Vol. 2. 2019.
Parasuraman A, Valarie, Zeithaml A. SERVQUAL: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Vol. 64. 1988. 12–40 P.
Wirtz J, Lovelock C. Services Marketing. Vol. 770, Book In Journal Of Services Marketing. 2011. 379–401 P.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2014. 1–330 P.
Agustin Gozali I, Sharren Teguh Drg, Pros S. Gambaran Tingkat Kepuasan Pemakai Gigi Tiruan Sebagian Lepasan Dengan Kuesioner PDA-ID GTSL. JKGT. 2022;4(1):72–7.
Ainani H, Arifin R, Wardani I. Description Of Partially Edentulous Pattern Among Patients At Rsgmp Gusti Hasan Aman In Banjarmasin. 2021;6(1):100–6.
Kristiani A. Hubungan Karakteristik Pasien Kehilangan Gigi Tetap Dengan Minat Pemakaian Gigi Tiruan Sebagian Lepasan. Poltekes Kemnekes. 2013;1–7.
Putri O, Winarti R, Windyastuti. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Paien BPJS. Jurnal Ners Widya Husada. 2018;5(2):49–58.
Irmawati S, Sultan H, Nurhannis D. Kualitas Pelayan Kesehatan Di Puskesmas Sangurara Kecamatan Tatanga Kota Palu. E Jurnal Katalogis. 2017;5(1):188–97.
Ilmianti, Irawati E, Auniah A, Febriany M, Aldilawati S. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perawatan Gigi Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Kolakaasi Kabupaten Kolaka (Poli Gigi) Tahun 2021. Sinnun Maxillofacial Journal. 2022;4(1):1–13.
Dianingrum Sp, Hidayati S, Larasati Ra. Persepsi Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Kepuasan Pasien Di Dental Treatment Clinic. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi. 2021;3(2):425–33.
Shala Ksh, Dula LJ, Pustina-Krasniqi T, Bicaj T, Ahmedi EF, Lila-Krasniqi Z, Et Al. Patient’s Satisfaction With Removable Partial Dentures: A Retrospective Case Series. Open Dent J. 2016 Dec 14;10(1):656–63.
Wulandari R, Fatimah FS, Putri IRR. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Umum Rawat Jalan Di Rs Dr. Soetarto Yogyakarta Tahun 2022. Alma Ata University. 2022;2:1–9.
Maryana, Christiany M. Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Ilmiah STIKES Citra Delima Bangka Belitung [Internet]. 2022;5(2).
Akbar F, Manurung K, Ketaren O, Lina Tarigan F. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Instalasi Radiologi Rumah Sakit Putri Hijau Medan. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2022;6(1):621–32.
Halim F, Kurniullah AZ, Butarbutar M, Efendi, Sudarso A, Purba B, Et Al. Manajemen Pemasaran Jasa. Vol. 1. 2021. 122–128 P.
DOI: https://doi.org/10.20527/dentin.v7i3.10745
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Us:
Faculty of Dentistry
Lambung Mangkurat University
Jalan Veteran No. 128 B Banjarmasin, Indonesia
E-mail. [email protected]
Website. fkg.ulm.ac.id