PERBEDAAN EFEKTIVITAS PENYULUHAN PEMELIHARAAN KESEHATAN GIGI DENGAN MEDIA VIDEO ANIMASI DAN PODCAST
Abstract
ABSTRACT
Background: Dental and oral problem in adolescents in the city of Banjarmasin 28,6%. Dental and oral problems in adolescents are not handled properly can affect the health of dental development until the teenager grows up. Teenagers aged 12-15 years are at a time that requires educational methods in the form of counseling, one of which is through animated videos and podcast. Objective: To find out the differences in the effectiveness of counseling using animated videos and podcasts on 12-15 year old students of SMPN 16 Banjarmasin in maintaining dental health. Methods: This research is a pre-experimental design with a pretest-post-test design. The sampling technique used is simple random sampling aged 12-15 years. Results: The level of knowledge prior to counseling the animation video group obtained some bad criteria for 33 people (75%) while the video podcast group obtained some bad criteria for 32 people (72.72%). After counseling the animation video group obtained good criteria 27 people (61.36%) and the podcast group obtained good criteria 29 people (65.90%). The results of the Wilcoxon test comparison of knowledge before and after the animation video group counseling showed p = 0.612 and the video podcast group showed p = 0.000. Conclusion: The results of this study concluded that video podcast counseling was effective in increasing the knowledge of dental health care for 12-15 year old students at SMPN 16 Banjarmasin.
Keywords : Animated video media and podcast, Counseling, Dental health
ABSTRAK
Latar Belakang: Permasalahan gigi dan mulut pada remaja di Kota Banjarmasin sebesar 28,6%. Permasalahan gigi dan mulut pada remaja yang tidak ditangani dengan baik mampu memengaruhi kesehatan perkembangan gigi hingga remaja tersebut tumbuh dewasa. Remaja yang berusia 12-15 tahun berada pada masa yang memerlukan metode pendidikan berupa penyuluhan salah satunya melalui video animasi dan podcast. Tujuan: Mengetahui perbedaan efektivitas penyuluhan menggunakan video animasi dan podcast pada siswa 12-15 tahun SMPN 16 Banjarmasin dalam pemeliharaan kesehatan gigi. Metode: Penelitian ini merupakan pre-eksperimental design dengan rancangan pretest-post-test. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling usia 12-15 tahun. Hasil: Tingkat pengetahuan sebelum dilakukan penyuluhan kelompok video animasi diperoleh sebagian kriteria buruk 33 orang (75%) sedangkan kelompok video podcast diperoleh sebagian kriteria buruk 32 orang (72,72%). Sesudah dilakukan penyuluhan kelompok video animasi diperoleh kriteria baik 27 orang (61,36%) dan kelompok podcast diperoleh kriteria baik 29 orang (65,90%). Hasil uji Wilcoxon perbandingan pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan kelompok video animasi menunjukkan p=0,612 dan kelompok video podcast menunjukkan p=0,000. Kesimpulan: Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penyuluhan video podcast efektif untuk meningkatkan pengetahuan pemeliharaan kesehatan gigi siswa 12-15 tahun SMPN 16 Banjarmasin.
Kata kunci : Kesehatan Gigi, Media video animasi dan podcast, Penyuluhan,
Full Text:
PDFReferences
Ramadhan A, Cholil, Sukamana IB. Hubungan Tingkat Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Terhadap Angka Karies Gigi di SMPN 1 Marabahan. Dentino (Jurnal Kedokteran Gigi). 2016; 1(2): 173-176.
Fatmasari M, Widodo, Adhani R. Hubungan Antara Tingkat Sosial Ekonomi Orang Tua Dengan Indeks Karies Gigi Pelajar SMPN Di Kecamatan Banjarmasin Selatan (Tinjauan SMP Negeri 11 Banjarmasin). Dentino (Jurnal Kedokteran Gigi). 2017; 1(1): 62-63.
Faihatul Mukhbitin. Gambar Kejadian Karies Gigi Pada Siswa Kelas 3 MI AL-MUTMAINNAH. Jurnal Promkes. 2018; 6: 155-166.
Mangowal PM, Pangemanan D, Mintjelungan NC. Gambaran Status Kebersihan Gigi dan Mulut di Panti Asuhan Nazaret Tomohon. Jurnal e-Gigi. 2017; 5(2): 148-151.
Fitri BA, Zubaedah C, Wardani R. Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa Pondok Pesantren Salafiyah AL-Majidiyah. J Ked Gi Unpad. 2017; 29(2): 145-150.
Aniswita, Neviyarni. Perkembangan Kognitif, Bahasa, Perkembangan Sosio-Emosional, dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Fkip Umsb (Inovasi Pendidikan). 2020; 7(2): 1-13.
Tandilangi M, Mintjelungan C, Womor VNS. Efektivitas dental health education dengan media animasi kartun terhadap perubahan perilaku kesehatan gigi dan mulut Siswa SD Advent 02 Sario Manado. Jurnal e-Gigi. 2016; 4(2): 106-110.
Sutrisno T, Afsari M. Efektivitas Penggunaan Media Video Dalam Pembelajaran Online IPA Kelas V SD Negeri 03 Munggur Kecematan Mojogedang Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pancar. 2020; 4(2): 53-65.
Apriansyah RM, Sambowo AK, Maulana A. Pengembangan Media Pembelajaran Vidio Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. 2020; 9(1): 8-18.
Fadilah E, Yudhapramesti P, Aristi N. Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Kajian Jurnalisme. 2017; 1(1): 90-101.
Mayangsari D, Tiara Rizki D. Podcast Sebagai Media Pembelajaran Di Era Milenial. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi. 2019; 3(2): 126-135.
Ponza Radita PJ, Jampel IN, Sudarma IK. Pengembangan Media Vidio Animasi Pada Pembelajaran Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha. 2018; 6(1): 9-19.
Meisyanti, Kencana HW. Platfrom Digital Siaran Suara Berbasis On Demand (Studi Deskriptif Podcast di Indonesia). Jurnal Komunikasi dan Media. 2020; 4(2): 191-207.
Zellatifanny MC. Tren Diseminasi Konten Audio on Demand Melalu Podcast: Sebuah Peluang dan Tantangan di Indonesia. Jurnal Pekommas. 2020; 5(2): 117-132.
Nurmala I, Rahman F, Nugroho A, Erliyani N, Laily N, Anhar VY: Promosi Kesehatan. Surabaya: Airlangga University Press; 2018: hal 44.
Irawan Cahyani Desi, Rafiq A, Utami BF. Media Video Animasi Guna Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha. 2021; 9(2): 295.
Mardani PS, Darmawani E, Padilah. Penggunaan Media Animasi Bergambar Dalam Mengembangkan Keterampilan Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini. 2022; 5(2): 63-65.
Susilowati DR, Sutama, Faiziyah N. Application Of Podcasts on Spotify as a Mathematic Learning Media in The Middle of Covid-19 Pandemic. Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika. 2020; 4(1): 68-78.
Norhayati, Jayanti S. Pemanfaatan Teknologi untuk Mendukung Kegiatan Belajar Secara Mandiri (Studi Kasus Penggunaan Podcast oleh Mahasiswa di Kota Palangkaraya). Jurnal Humaniora Teknologi. 2020; 6(1): 29-30.
Arinata Adelita, Setiawan T. Perancangan Video Infografis Animasi Interaktif Tentang Prosedur Pemberangkatan Tenaga Kerja Indonesia Bebasis Andoid. Jurnal Teknik Informatika Sistem Informasi. 2017; 3(2).
Sugiono Shiddiq. Keunggulan Podcast Dalam Mengedukasi Masyarakat Terhadap Program Vaksinasi Covid-19. Jurnal Pembangunan Manusia Dan Kebudayaan. 2021:81-84.
DOI: https://doi.org/10.20527/dentin.v6i2.6397
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Us:
Faculty of Dentistry
Lambung Mangkurat University
Jalan Veteran No. 128 B Banjarmasin, Indonesia
E-mail. [email protected]
Website. fkg.ulm.ac.id