Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an terhadap Perbaikan Klinis Anak dengan Autism Spectrum Disorder

Larasisca Della Faradilla, Nurul Hidayah, Alfi Yasmina

Abstract


Abstract: Children with Autism Spectrum Disorder (ASD) require care to keep them participate in their environment. Indirectly, murottal therapy can facilitate children to be more cooperative in learning, which affects children's abilities. This study aimed to determine the effect of murottal Al-Qur'an therapy on the clinical improvement of children with ASD. This study used a quasi-experimental design, with one group pretest-posttest on 12 children at the Center for Disability and Inclusion Education in South Kalimantan. This study used a murottal of Surah Ar-Rahman and an Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC) in aspects of communication skills, social interaction abilities, and sensory-cognitive abilities. The interventions performed 3 times a week for 4 weeks. Data were analysed using paired T test. There were significant differences in communication skills (p=0.003), social interactions abilities (p=0.000), and sensory-cognitive abilities (p=0.000), so there is a significant effect of murottal Al-Qur'an therapy on clinical improvement of children with ASD.

 

Keywords: Autism Spectrum Disorder, murottal Al-Qur’an, communication skills, social interaction abilities, sensory-cognitive abilities

 

Abstrak: Anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD) memerlukan perawatan untuk menjaga mereka tetap berpartisipasi dalam lingkungannya. Ini dapat didukung dengan terapi murottal Al-Qur’an yang secara tidak langsung membuat anak lebih kooperatif dalam pembelajaran, sehingga berefek pada kemampuannya dalam berbagai aspek. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh terapi mendengarkan murottal Al-Qur’an terhadap perbaikan klinis anak dengan ASD. Penelitian menggunakan desain quasi experimental, dengan one group pretest-posttest pada 12 anak ASD di Pusat Layanan Disabilitas dan Pendidikan Inklusi Kalimantan Selatan. Instrumen yang digunakan adalah rekaman murottal surah Ar-Rahman dan kuesioner Autism Treatment Evaluation Checklist (ATEC) dalam aspek kemampuan komunikasi, interaksi sosial, dan sensoris-kognitif. Intervensi mendengarkan murottal dilakukan sebanyak 3 kali seminggu selama 4 minggu. Analisis data menggunakan paired t test. Terdapat perbedaan bermakna pada kemampuan komunikasi (p=0,003), interaksi sosial (p=0,000), dan sensoris-kognitif (p=0,000). Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terapi mendengarkan murottal Al-Qur’an terhadap perbaikan klinis anak dengan ASD dalam ketiga aspek.

 

Kata-kata kunci:  Autism Spectrum Disorder, murottal Al-Qur’an, komunikasi, interaksi sosial, sensoris-kognitif


Keywords


Homeostasis; Autism Spectrum Disorder; murottal Al-Qur’an; komunikasi; interaksi sosial; sensoris-kognitif

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20527/ht.v3i3.2784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Homeostasis

Creative Commons License
Homeostasis is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Program Studi Kedokteran Program Sarjana
Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat
Jalan Veteran No.128 Banjarmasin
Phone: +62-878-1546-0096
email : [email protected]