DIFFERENCES IN SELF-COMPASSION AND SELF-ADJUSTMENT IN TERMS OF STUDENTORIGIN IN CLASS OF 2021 GUIDANCE AND COUNSELING DEPARTMENT FKIP ULM

Sri Alvie Maulidiyawati

Abstract


Self-compassion penting untuk perkembangan studi mahasiswa, karena mahasiswa akan menghadapi berbagai situasi baru dan berbagai tuntutan terutama dalam kehidupan akademik sehingga kemampuan menyesuaiakan diri dan belas kasih terhadap diri diperlukan. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah, menganalisis perbedaan self-compassion dan penyesuaian diri ditinjau dari asal daerah mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan angket self-compassion dan penyesuaian diri menggunakan skala likert kepada 31 orang mahasiswa/i angkatan 2021 Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Tekik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan paired sample t-Tests. Hasil penelitian perbedaan self-compassion mendapatkan Thit˂Ttab (0,296˂ 0,367), penyesuaian diri mendapatkan Thit˂Ttab (0,068˂0,367). Dapat disimpukan tidak terdapat perbedaan self-comppassion dan penyesuaian diri ditinjau dari asal daearah mahasiswa angkatan 2021 Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP ULM. Peneliti selanjutnya disarankan mengkaji lebih dalam terkait self-compassion dengan subjek yang lebih luas.

Keywords


Self –compassion; Penyesuaian Diri; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Desmita. 2010. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT: Remaja Rosdakarya.

Irianto, Putri, Eka, A. 2022. Pengaruh Asal Daerah, Uang Saku, Lifestyle Terhadap Perilaku Konsumtif Selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Universitas Islam Indonesia). Skripsi, Universitas Islam Indonesia Fakultas Bisnis dan Ekonomika.

Missiliana. 2014. Self Compassion dan Compassion for Others pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UK Maranatha. Laporan Penelitian. Fakultas Psikologi Universitas Kristen Marnatha Bandung.

Neff, K. 2003. Self Compassion: An Alternative Conceptualization OF A Healthy Attitude Toward Oneself. Self and Identity, (2) 85-101.

Nurfitriana, Pipit. 2016. Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Tahun Pertama di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiayah Surakarta. Skripsi, Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Permatasari, Clara Dewi. 2017. Hubungan Antar Efikasi Diri dan Penyesuaian Diri di Perguruan Tinggi pada Mahasiswa Tahun Pertama Universitas Sanata Dharma. Skripsi. Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma.

Ramadhan, Andi, Wahyudi. 2019. Perbedaan Penyesuaian Diri (adjusment) Mahasiswa Baru Psikologi UIN Suska Riau yang Merantau dan yang Tinggal dengan Orang Tua. Skripsi, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Pekanbaru.

Sholeh, A. Sakinah., Fadhilah, H.A., Nugraha, B.A., dan Wisiasmara, N. 2018. Social Interaction Anxiety and Academic Adjustment among Freshman College Student. Art & Education International Rearch Journal, 5 (2) 1-5.

Swaraswati, Yogi, Sugiariyanti, Binta M.R, Figi. 2019. Memahami Self-

compassion Remaja Akhir Berdasarkan Trait Kepribadian Big Five.

Intuisi: Jurnal Psikologi Ilmiah, 11 (1) 69-81. Widyastuti. 2017. Self Compassion Stres Akademik dan Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru. Jurnal Psikologi Terapan, 3 (4).




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.1.10804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats