ANALISIS PERAN KELOMPOK TEMAN SEBAYA TERHADAP INTERAKSI PARASOSIAL PADA SISWA PENGGAMAR K-POP DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN

Dhea Nur Aziza

Abstract


Tujuan penelitian ini guna mengetahui representasi peran kelompok teman sebaya terhadap timbulnya interaksi parasosial pada siswa penggemar K-Pop Di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif berjenis studi deskriptif. Data dihimpun melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 7 narasumber. Analisis data yang digunakan menggunakan pengujian Kredibilitas, yakni menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa kelompok teman sebaya dapat dikatakan berperan terhadap intensitas interaksi parasosial yang dimiliki para siswa penggemar K-Pop. Dapat dilihat dengan adanya konformitas dari kelompok teman sebaya terhadap intensitas interaksi parasosial siswa. Juga terlihat pada beberapa karakteristik interaksi parasosial yang juga sejalan dengan peran kelompok teman sebaya.

Keywords


Interaksi Parasosial; Peran Kelompok Teman Sebaya

Full Text:

PDF

References


Fitriani & Abdul Karim. 2017. Pengaruh Kelompok Teman Sepaya dan Relasi Siswa Dalam Keluarga Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMPN 4 Rumbio Jaya. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntasi FKIP UIR. 5(1). 96-104. (https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/1326 diakses pada 10 oktober 2019)

Hadiningsih, Ni Kadek Yunika. 2018. Interaksi Parasosial pada Individu Dewasa Awal Penggemar Korean Pop (K-Pop). Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Manggarani, Kumara & Endang Supraptiningsih. 2015. Hubungan antara Peran Kelompok Teman Sebaya dengan Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Islam Bandung Angkatan 2011. Prosiding Penelitian Sivitas Akademika Unisba. 164-172. (https://scholar.google.co.id/citations?user=W7dnqrUAAAAJ&hl=en diakses pada 15 februari 2020).

Pertiwi, Sella Ayu. 2013. Konformitas dan Fanatisme Pada Remaja Korean Wave (Penelitian pada Komunitas Super Junior Fans Club ELF “Ever Lasting Friend” di Samarinda. eJournal Psikologi. 1(2). 157-166.

(https://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/?p=649 diakses pada 25 Januari 2020)

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Taqwin, Yeni Nur. 2016. Perilaku Penemuan Informasi pada Komunitas K- Pop “Ever Lasting Friends (ELF)” Surabaya. Journal Unair. 94-102.

(http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-lnf027f80776full.pdf diakses pada 9 Februari 2020)




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.1.10807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats