DIFFERENCES IN LEARNING INDEPENDENCE VIEWED FROM BIRTH ORDER OF STUDENTS AT SMAN 1 MARABAHAN

Annisa Farrah Diba, Ali Rachman, Faisal Rachman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan membuktikan adanya perbedaan kemandirian belajar ditinjau dari urutan kelahiran siswa di SMAN 1 Marabahan. Hipotesis yang dibuat yaitu bahwa tidak terdapat perbedaaan kemandirian belajar siswa terhadap urutan kelahiran (H0) dan terdapat perbedaan kemandirian belajar siswa terhadap urutan kelahiran(H1). Populasi peneitian ini adalah dari siswa kelas XI MIPA dan IPS di SMAN 1 Marabahan dengan sampel menggunakan seluruh jumlah populasi yang terdata. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang digunnakan adalah penelitian komparatif. Pengumpulan data yang digunakan melalui angket dengan skala pengukuran yang dipakai adalah skala likert yang kemudian hasilnya dibandingkan dengan Uji One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemandirian belajar ditinjau dati urutan kelahiran pada siswa di SMAN 1 Marabahan. Dengan tidak adanya perbedaan tersebut, maka hipotesis (H0) diterima dengan dtidak adanya perbedaan kemandirian belajar pada siswa dtinjau dari urutan kelahirannya. Dengan nilai signifikasi sebesar 0,460.

Keywords


kemandirian belajar; urutan kelahiran

Full Text:

PDF

References


Atas, S. M. (2018). Levina Dwi Kemalasari. 2, 160–166.

Karina, N. K. G., & Herdiyanto, Y. K. (2019). Perbedaan Regulasi Diri

Ditinjau dari Urutan Kelahiran dan Jenis Kelamin

Naibaho, L. (2019). The effectiveness of independent learning method on students speaking achievement at Christian University of Indonesia Jakarta. Asian EFL Journal, 23(63), 142–154.

Ramadhan, M., & Saripah, I. (2017). Profil Kemandirian Siswa SMA

Berdasarkan Urutan Kelahiran dan Implikasinya Terhadap Bimbingan dan Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 145–162. https://doi.org/10.30653/001.201712.11

Ridlwan, M., & Abidin, R. (2022). 2021/2022. 83–98.

Setiawati, S. M. (2018). 'HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling FKIP UNIPA, 35(1), 31-46.

Sugianto, I., Suryandari, S., & Age, L. D. (2020). Efektivitas Model

Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Di Rumah. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 159–170. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.63

Suyedi, S. S., & Idrus, Y. (2019). Hambatan-Hambatan Belajar Yang

Mempengaruhi Hasil Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Mata

Kuliah Dasar Desain Jurusan Ikk Fpp Unp. Gorga : Jurnal Seni

Rupa, 8(1), 120. https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12878

Thoken, F., Ansori, & Purwanti. (2017). Analisis Kemandirian Belajar Pada Siswa Kelas X Sma Kemala Bhayangkari Sungai Raya. Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 6(12), 214200.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.1.10808

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats