ANALISIS KEMATANGAN KARIR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 BANJARBARU JURUSAN KRIA KREATIF BATIK TEKSTIL (KKB)
Abstract
Kematangan karir didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk membuat keputusan tentang karir mereka sendiri, termasuk membuat keputusan yang konsisten dan relistik tentang karir mereka. Studi ini menyelidiki tingkat kematangan karir siswa jurusan Kria Kreatif Batik dan Tekstil (KKB) SMK Negeri 1 Banjarbaru di kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan berjenis survei. Data dikumpulkan dengan instrumen angket. Implementasi kematangan karir dengan skala likert, dengan jumlah sampel 63 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data dengan statistik deskriptif. Studi ini menemukan bahwa kematangan karir siswa Kria Kreatif Batik dan Tekstil (KKB) kelas XI berada pada kategori sedang dalam setiap aspek kematangan karir. Aspek kematangan karir termasuk perencanaan karir, eksplorasi karir, pengetahuan tentang membuat keputusan karir (membuat keputusan), pengetahuan tentang dunia kerja (pengetahuan tentang dunia kerja), dan pengetahuan tentang kelompok pekerjaan yang disukai, pemenuhan keputusan karir (pemenuhan), tergolong dalam kategori rendah. Saran untuk peneliti selanjutnya adalah untuk melakukan penelitian tentang bagaimana meningkatkan kematangan karir siswa. Untuk melakukan ini, mereka harus mengembangkan dan menerapkan uji coba empiris program layanan bimbingan karir di SMK di setiap jurusan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budiman, C., Gunawan. G & Hidayat D. R. 2020. Layanan Bimbingan Karir Teori Donal E. Super Guna Meningkatkan Kematangan Karir Pada Peserta Didik Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Jurusan Bimbingan Konseling Undiksha. 11(1), 9-10.
Gonzalez, M.A. The Electronic Journal of Research in Educational Psychology. No. 16, Vol. 6(3), 749-772. Career Maturity: a Priority for Secondary Educational.
George, AD (2020) Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Berbasis Steam untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP
H. Herdi (2021). Menggunakan Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan dan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Paedagogy, 8(4), 540-544.
Kumara AR dan Lutfiyani V. pada tahun 2017. Strategi Bimbingan dan Konseling Komprehensif untuk Perencanaan Karir Siswa SMP. G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2), 184.
Lailatunnikma dan Nastiti (2021). Gambaran umum tentang kematangan karir siswa kelas XII sekolah menengah. Jalan Akademi Terbuka 4, 10-21070.
Nuryanto, IL. 2020. Profil Kematangan Karir Siswa SMK (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMK Negeri 1 Cimahi tahun akademik 2019/2020). Studi ini belum diterbitkan. tesis doktoral dari Universitas Pendidikan Indonesia.
Ramanta dan Widayanti pada tahun 2020 Pada masa pandemi COVID-19, putra Indonesia malang belajar di sekolah menengah kejuruan secara online. Seminar Bimbingan dan Konseling Malang: Halaman 61–57.
Sharf, RS. Applying the Theory of Career Development to Counseling in the Fifth Edition Amerika Serikat: Pembelajaran Cengange.
Sugiyono, 2019. Metode penelitian dan pengembangan kuantitatif kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wahyuningsih, Abbas, dan Mutiani, 2020. Implementasi Nilai Pemimpin Rudy Resnawan sebagai Sumber Pembelajaran untuk Studi Sosial. The Innovation of Social Studies Journal, 1(2), 169-177.
Winkel, W. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan: Media Baru, Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.2.10863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia