EFFORTS TO INCREASE ETHICAL AWARENESS USING ROLE PLAYING TECHNIQUES THROUGH GROUP COUNSELING FOR STUDENTS OF SD NEGERI GADANG 2 BANJARMASIN

Iswatun Chasanah

Abstract


Penelitian ini ditujukan agar dapat menaikkan kesadaran beretika dengan role playing lewat konseling kelompok pada siswa SD Negeri Gadang 2 Banjarmasin. Kesadaran beretika adalah adanya rasa sadar dalam kehidupan nyata dengan melakukan sikap yang beretika dalam bersosialisasi dengan lingkungan sosialnya maupun itu lingkungan keluarga, sekolah, mapun masyarakat. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Wali kelas V (lima) masih ada siswa yang mempunyai keterampilan kesadaran beretika yang minim. Penelitian ini berupa penelitian tindakan yang diterapkn dalam empat siklus. Satu siklus berisi tahap perencanaan, penerapan perlakuan, pengamatan (observasi serta evaluasi) dan refleksi. Subyek pada penelitian ini merupakan siswa kelas V sebanyak enam orang. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas peneliti, siswa, serta penerapan teknik role playing lewat konseling kelompok guna meningkatkan keterampilan kesadaran beretika siswa telah mendapati peningkatan di tiap siklus. Pada siklus I nilai yang didapat peneliti ialah 16 kategori cukup baik menjadi 34 di siklus IV dengan kategori sangat baik. Pada aktivitas siswa di Siklus I memperoleh skor 36 kurang aktif dan pada siklus IV menjadi 90 dalam kategori sangat aktif. Sedangkan pada hasil teknik role playing siklus I dari skor 28 menjadi 90 pada siklus IV dengan kategori sangat berkembang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah teknik role playing melalui konseling kelompok dapat meningkatkan kemampuan kesadaran beretika pada siswa.

Keywords


Kesadaran Beretika, Konseling Kelompok, Teknik Role Playin

Full Text:

PDF

References


Dananjaya. 2011. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Penerbit Nuansa

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Gibson, Robert L., & Marianne H. M. 2011. Bimbingan dan Konseling.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nina, Permatasari. 2016. Upaya Mengurangi Perilaku Bullying dengan Metode Role Playing di SMPN 4 Martapura Kalsel. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling. 221-238

Sunaryo, Kartadinata. 2011. Menguak Tabir Bimbingan dan Konseling sebagai Upaya Pedagogis. Bandung: UPI Press.

Suriansyah, Ahmad., dkk. 2015. Profesi Kependidikan (Perspektif Guru Profesional). Jakarta: Rajawali Pers.

Taniredja, Tukiran, et.all. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovasi. Bandung : Alfabeta.

Wiyani, Novan Ardy. 2015. Etika Profesi Keguruan. Yogyakarta: Gava Media.

Yusuf, Syamsu., & A. Juntika Nurihsan. 2011. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.4.10869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats