THE EFFECTIVENESS OF REALITY COUNSELING TO IMPROVE HARD WORKING BEHAVIOR BASED ON VALUES WAJA SAMPAI KAPUTING IN CLASS VIII STUDENTS AT SMPN 25 BANJARMASIN

Azidannor Azidannor, Nina Permata Sari

Abstract


Rendahnya perilaku kerja keras berlandaskan nilai Waja Sampai Kaputing oleh siswa kelas VIII di SMPN 25 Banjarmasin mengakibatkan siswa mendapatkan nilai yang dibawah standar, Siswa tersebut mudah menyerah dan kurang memiliki rasa ingin berjuang serta kurangnya adanya ketaatan dalam melaksanakan tugas yang diberikan, serta kurang memiki rasa tanggung jawab dan kedisiplinan terhadap diri sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa keefektifan konseling realitas dalam membantu meningkatkan perilaku perilaku kerja keras berlandaskan nilai Waja Sampai Kaputing pada siswa kelas VIII di SMPN 25 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian IntacGroup Comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 25 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 129 siswa, Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket perilaku kerja keras berlandaskan nilai waja sampai kaputing dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang dengan kategori rendah, lalu sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data diperoleh dengan rumus Uji T-test menunjukkan bahwa Thit > Ttab (17,34 > 2,447 dengan probabilitas kesalahan 0,05 atau 5%) maka Ha diterima yang menyatakan konseling realitas efektif meningkatkan perilaku kerja keras berlandaskan nilai waja sampai kaputing pada siswa kelas VIII SMPN 25 Banjarmasin. Untuk melihat signifikansi hasil efektivitas digunakan uji Annova didapatkan hasil sig 0,000<0,05, dengan arti bahwa terdapat perbandingan yang signifikan terhadap hasil post-test kelompok kontrol dan kelompok treatment. Dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbandingan tingkat perilaku kerja keras berlandaskan nilai Waja Sampai Kaputing sebelum dan sesudah diberikan konseling realitas dalam layanan konseling kelompok. Maka layanan konseling realitas menggunakan prosedur Wants ,Doing, Evaluation, Planing efektif untuk meningkatkan perilaku kerja keras berlandaskan nilai Waja Sampai Kaputing pada siswa kelas VIII di SMPN 25 Banjarmasin.

Keywords


Konseling Realitas,Wants Doing Evaluation Planing, Perilaku kerja keras, Waja Sampai Kaputing

Full Text:

PDF

References


Fauziah, Nurul Rizqa & Nursalim, Mochammad. 2013. Penerapan Konseling Kelompok Realita Teknik WDEP untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII H SMPN2Mojosari. Jurnal BK Unesa, 3(01), 402-407. Dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk/unesa/article/download/3793/6350 . Diakses November 2019

Mustari, Mohamad & Rahman Taufik M. 2017. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Nadilla, Dewicca Fatma. 2017. Eksplorasi Nilai Falsafah Hidup Orang Banjar pada Pembelajaran Sejarah sebagai Landasan Moral dan Karakter Siswa di Kalimantan Selatan. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Dari http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/psdtp/article/download/10990/7818 . Diakses November 2019

Nurjannah, Siti. 2017. Penanaman Karakter Kerja dan Menghargai Prestasi pada Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta : FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.Pena Belajar. Baijuri. Pendidikan karakter Bangsa. 28 Juli 2018. Dari http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/07/pendidikan-karakter-bangsa-2/

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Puspita, Putri & Setiawat, denok. 2014. Penerapan konseling kelompok realita teknik wdep untuk meningkatkan perilaku bertanggung jawab dalam mematuhi tata tertib sekolah pada siswa kelas VIII-A SMP negeri 1 wonoayu-sidoarjo. Jurnal BK Unesa, Dari http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bkunesa/article/view/8522unesa/article/download/3793/6350. Diakses November 2019

Sarbaini, dkk. 2012. Pedoman Pendidikan Karakter Wasaka (Waja

SampaiKaputing) Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin: Aswaja Pressindo Yogjakarta.

Sari, Nina Permata & Muhammad Andri Setiawan. 2020. Bimbingan dan Konseling Prespektif Indigenous:Etnik Banjar. Sleman: CV Budi Utama

Setiawan, Nur. 2016. Nilai-Nilai Kerja Keras dalam Novel Purnama dari Timur Sebagai Pengembangan Kompetensi Guru PAI. Skripsi tidak diterbitkan.Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Sugianto, Akhmad. 2017. Teknik Permainan Balogo Dalam Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Karakter Kerja Keras Pada Siswa SMP. Proceeding Seminar dan Lokakarya Nasional Bimbingan dan Konseling 2017. Dari: http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1446

Wati, Mustika dkk. 2021. Analisis Kebutuhan Pengembangan Dan InstrumenKarakter Wasaka. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah. 6(1). Dari: https://snllb.ulm.ac.id/prosiding/index.php/snllblit/article/download/448/45




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats