Efforts to Increase Learning Responsibility Using Group Guidance Services Using Self-management Techniques for Grade VIII Students at SMPN 27 Banjarmasin

Atika Amalia Septarinda, Sulistiyana Sulistiyana, Eklys Cheseda Makaria

Abstract


Siswa yang memiliki tanggung jawab belajar yang rendah akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk meningkatkan tanggung jawab belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self-management pada siswa kelas VIII di SMPN 27 Banjarmasin. Penelitian ini Penelitian Tindakan dilaksanakan dengan dua siklus. Pada satu siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta angket. Subjek penelitian yaitu 4 orang siswa kelas VIII dan objek penelitian adalah peningkatan tanggung jawab belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan tanggung jawab belajar dilakukan hingga II siklus. Adapun hasil penelitian yang berhasil dicapai pada siklus II, yaitu aktivitas peneliti mencapai kategori sangat baik, aktivitas siswa mencapai kategori aktif, dan peningkatan tanggung jawab belajar siswa mencapai kategori cukup meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik self-management dapat meningkatkan tanggung jawab belajar siswa.


Keywords


Tanggung Jawab Belajar; Bimbingan Kelompok; Teknik Self- management.

Full Text:

PDF

References


Amin, Zakki Nurul. 2017. Portofolio Teknik-Teknik Konseling (teori dan contoh aplikasi penerapan). Semarang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Asmawati, Ozy. 2017. Efektivitas Konseling Individual Dengan Teknik Self Management Dalam Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Perintis 2 Bandar Lampung. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Ghufron, Nur & S, Risnawita, Rini. 2017. Teori-teori Psikologi. Ar-Ruzz Media: Jogjakata.

Heriansyah, M & Kurniawan, D. 2017. Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 2(2), 1-5. Dari http://www.i-rpp.com/index.php/jpp/article/view/764. Diakses April 2017.

Hartinah, Sitti. 2017. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT. Refika Aditama.

Komalasari, G. dkk. 2018. Teori dan Teknik Konseling. PT Indeks: Jakarta.

Nursalim, Mochamad. 2014. Strategi & Intevensi Konseling. Jakarta: PT Indeks.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT Refika Aditama.

Rustam & Kamaruzzaman. 2016. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Proyeksi: Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling, 2(2), 1-8. Dari http://i-rpp.com/index.php/jptbk/article/view/576. Diakses Mei 2016.

Tim Penyusun Kemendikbud. 2016. Panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling sekolah menengah pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (Edisi Revisi). Banjarmasin: tidak diterbitkan.

Utami, Ristina Dwi. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Gulur Kabupaten Kulon. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.2.10874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats