DESCRIPTIVE STUDY OF ACADEMIC STRESS ON STUDENTS AT SMPN 10 BANJARMASIN

Cece Fitriya, Ali Rachman

Abstract


Tujuan dari diadakannya penelitian ini guna mendeskripsikan bentuk stress akademik pada siswa di SMP Negeri 10 Banjarmasin. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif berjenis studi deskriptif dengan mengaplikasikan instrument penelitian berupa wawancara serta dokumentasi. Metode analisis data dengan mereduksi data, setelah data direduksi maka langkah selanjutnya ialah mendisplay data kemudian diberikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa siswa yang memiliki indikator stres akademik disebabkan oleh beberapa faktor yaitu faktor pembelajaran lebih padat contohnya banyaknya tugas harian seperti catatan-catatan, tugas pekerjaan rumah, dan les tambahan. Faktor kedua yaitu mayoritas aktivitas yang handak dilaksanakan hanya saja terbatas akan waktu, contohnya siswa hendak melakukan hobinya seperti main gadget, Bermain diluar rumah dengan teman sebaya tidak dapat terpenuhi karena banyaknya waktu luang yang dihabiskan hanya untuk belajar. Faktor ketiga yaitu faktor desakan agar memiliki prestasi yang bagus yaitu siswa merasa dibebankan karena dituntut untuk selalu mendapatkan hasil yang memuaskan. Dari ketiga faktor tersebut faktor terbesar penyebab stress akademik siswa ialah pembelajaran lebih padat dan faktor tekanan untuk berprestasi.

Keywords


Stres Akademik

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, Anak Agung Ngurah. 2013. Bimbingan Dan Konseling. Yogyakarta: Graha Ilmu

Anggraini Vivi A. 2018. Studi Deskriptif Faktor Penyebab Stres Akademik Pada Siswa kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta: FKIP: Universitas Sanata Dharma

https://repository.usd.ac.id/31148/2/141114015_full.pdf

Azmy Noerul Amy, Nurihsan Juntika Achmad, dan Yudha Sakti Eka. 2017. Deskripsi Gejala Stres Akademik dan Kecenderungan Pilihan Strategi Koping Siswa Berbakat. Indonesia Journal Of Educational Counseling. Vol 01. No 2. Naskah dipublikasi.

https://media.neliti.com/media/publication/322204657_Konsep_Stres_Akademik_Siswa

Barseli, Mufadhal. 2017. Konsep Stres Akademik Siswa. Universitas Negeri Padang. Jurnal Konseling Pendidikan. Vol 5. No 3

https://www.researchgate.net/publication/322204657_Konsep_Stres_Akademik_Siswa

Dewanti, Eka Dhea. 2016. Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Bidikmisi Dan Non Bidikmisi Fakuktas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi Dipublikasikan.

https://core.ac.uk/download/pdf/78034734.pdf

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hardjana, M. 1994. Stres Tanpa Distres. Yogyakarta. Kanisius.

Herdiansyah, Haris. 2015. Wawancara, Observasi, Dan Focus Groups Sebagai Instrumen Penggalian Data Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Hikmawati, Fenti. 2017. Metode penelitian. : Raja Grafindo Persada.

Kartika, Duri Charasinta. 2015. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Naskah Publikasi

http://eprints.ums.ac.id/37501/1/NASKAH%20PUBLIKASI%20.pdf

Margono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Meltzer, Deborah. 2006. Strategi Mengelola Stress Untuk Mencapai Ketenangan Jiwa. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nurmaliyah, Faridah. 2014. Menurunkan Stress Akademik Siswa. Jurnal Pendidikan Humaniora. 2, 3.

Dari Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (Edisi Revisi). 2017. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.

Permata Sari, Nina Dkk. 2020. Analisis Hubungan Stress Akademik Mahasiswa Terhadap Akses Internet Terbatas Saat Belajar Selama Pandemi COVID 19.

Rahmawati, D. D. 2012. Pengaruh Self-Efficacy terhadap stres akademik pada siswa kelas 1 Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMP Negeri 1 Medan.

Sukardi, Dewa Ketut. 2010. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling Disekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10876

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats