IMPLEMENTATION OF CLASSICAL GUIDANCE IN FACE TO FACE LEARNING BY GUIDANCE AND COUNSELING TEACHERS AT SMP NEGERI 27 BANJARMASIN

Karella Lichesya Feithjeria AS

Abstract


Pembelajaran tatap muka diberlakukan sebagai upaya menstabilkan aktivitas belajar-mengajar di sekolah-sekolah setelah penerapan pembelajaran daring/online dalam kurun waktu yang cukup lama. Proses pembelajaran tatap muka memerlukan kerjasama dari seluruh pihak sekolah termasuk guru bimbingan dan konseling. Tujuannya mendalami bagaimana implementasi layanan bimbingan klasikal pada pembelajaran langsung pada guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 27 banjarmasin. Penelitian ditentukan pendekatan kualitatif berdasarkan jenis penelitian studi deskriptif. Pengumpulan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data melalui analisis data kualitatif yang dipopulerkan oleh Miles dan Huberman, yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan implementasi layanan bimbingan klasikal di SMP Negeri 27 banjarmasin dilaksanakan secara tatap muka/offline dengan menetapkan jadwal pelaksanaan pada setiap kelasnya. Pelaksanaan layanan bimbingan klasikal pun menyesuaikan pada langkah-langkah yang terdapat dalam POP BK SMP diawali persiapan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Selanjutnya, peneliti menyarankan guru BK untuk merekam fenomena yang terjadi selama pelaksanaan layanan bimbingan klasikal yang mungkin akan diperlukan untuk evaluasi dan tindak lanjut. Sedangkan untuk peneliti selanjutnya, disarankan dapat melaksanakan penelitian berlanjut berdasarkan jenis penelitian yang berbeda.

Keywords


Layanan Bimbingan Klasikal, Pembelajaran Tatap Muka

Full Text:

PDF

References


Fatimah, D. N. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa Smp Negeri 5 Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-03 14(1), 25–37. Gunungkidul, M. A. N. (2019). Optimalisasi Layanan Bimbingan Klasikal melalui Media Online di MAN 1 Gunungkidul.

Hartono. (2020). Kedudukan Dan Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Eksistensi Peran Bimbingan Dan Konseling Berbasis HOTS Di Era New Normal, 20, 15–17.

Kusjuniati. (2020). Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ekonomi. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ekonomi, 05(1), 112–123.

Musyofah, T., Pitri, T., & Sumarto, S. (2021). Evaluasi Program BK Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Mutu Program Layanan BK. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, https://doi.org/10.33369/consilia.4.3.304-312 4(3), 304–312.

Operasional, P., Bimbingan, P., Sekolah, K., & Pertama, M. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Putri, V. D. (2020). Layanan Bimbingan Dan Konseling Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Coution : Journal of Counseling and Education, 1(2), 7. https://doi.org/10.47453/coution.v1i2.95

Rachmayanie, R., Setiawan, M. A., & Rachman, F. (2020). Pengantar

Pelaksanaan Praktik Pengajaran Di Sekolah Bimbingan Dan Konseling Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Deepublish.

Rismawati. (2015). Pelaksanaan Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-NUr, 1(1), 64–74.

Silviana, D., Gading, I. K., & ... (2022). Inovasi Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Sikap Jujur Pada Siswa.Jurnal Bimbingan Dan …, 7(1), https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bk/article/view/1114 1–12.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.4.10879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats