PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER REMAJA AWAL BANTARAN SUNGAI PADA MASA AKHIR PANDEMI COVID-19

Miftahul Jannah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Remaja Awal Bantaran Sungai Pada Masa Akhir Pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dilakukan dengan 5 narasumber. Analisis data di gunakan yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan karakter remaja awal bantaran sungai pada masa akhir pandemi ini (1) Pembentukan karakter peserta didik selama mengajar online. (2) Pembentukan karakter peserta didik selama mengajar tatap muka berlangsung. (3) Interaksi dan perilaku peserta didik dengan guru dan teman sebaya. (4) Peran orang tua dalam mengawasi peserta didik selama pembelajaran online berlangsung. (5) Karakter peserta didik selama pembelajaran tatap muka berlangsung dan online. (6) Pemberian informasi mengenai pembentukan karakter. (7) Interaksi dan perilaku peserta didik selama pembelajaran online dan tatap muka berlangsung. (8) Perilaku peserta didik dengan orang tua selama pandemi dan sesudah pandemi.

Keywords


Guru Bimbingan dan Konseling, Karakter Remaja Awal, Bantaran Sungai

Full Text:

PDF

References


Ainissyifa, Hilda. (2014). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Pendidikan islam. Jurnal pendidikan Universitas Garut. 08, (01).

Aminah, Siti. (2018). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Keguruan, 4 (2),99103.

Assidiqi, Habsy. (2015). Membentuk Karakter Peserta Melalui Didik Model Pembelajaran Search, Solve, Create, And Share.Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (1).

Atriyanti, Yuli. (2020). Strategi Sekolah dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Pascasarjana Universitas Nasional Unnes. Negeri Semarang. Jl. Kelud Utara III, Semarang.

Fauzi et al. (2020). Upaya Pelayanan Guru Bimbingan Dan Konseling Selama Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Jurnal mahapeserta Didik BK AnNuur: Berbeda,Bermakna, Mulia, 6 (10), 1-12.

Gunawan, Heri. (2012). Pendidikan Karakter, Konsep dan Implementasi. Alfabeta. Harita, Bandung:

Akuardin, Dkk. (2022). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Pembentukan Karakteristik Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Bimbingan dan Konseling. Vol. 2 (1).

Ihsan, Imam Nor, Dkk. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Lingkungan Sekitar Bantaran Sungai Barito Untuk Melatihkan 190 Keterampilan Proses Sains. Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. 5, (1).

Jahja, Yudrik. (2015). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenademedia Group.

Jannah, Miftahul & Nida Mauizdati. (2022). Peran Guru Dalam Pembentukan Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar Setelah Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Stitaf. Vol. 03 (01).

Jazuli, Muhammad, dkk. (2014). Pendidikan Sebagai Tradisi: Kumpulan Pengalaman Intersubjek Tif Masyarakat Urban Pinggiran. Journal of Educational Social Studies. 3, (2).

Lase, Berkat Persada. (2017). Posisi Dan Urgensi Bimbingan Konseling Dalam Prakteik Pendidikan. Jurnal Warta.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.4.10882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats