DESCRIPTIVE STUDY OF INTERPERSONAL COMMUNICATION IN STUDENTS OF GUIDANCE AND COUNSELING STUDY PROGRAMS CLASS OF 2018 SMARTPHONE USERS AT FKIP LAMBUNG MANGKURAT UNIVERSITY

Intan Nika, Nina Permata Sari, Muhammad Arsyad

Abstract


Pertumbuhan kemajuan teknologi di era industri 4.0 sangat pesat dan sistem pembelajaran saat ini pun di dukung oleh kemajuan teknologi salah satunya mengenai keberadaan smartphone. Teknologi dapat mempengaruhi efektivitas komunikasi interpersonal di kampus, karena penggunaan yang sangat rutin mengakibatkan para mahasiswa mengalami kendala dalam komunikasi interpersonal dengan teman lainnya. Perilaku seperti ini jika terus menerus dibiarkan akan mengganggu karakter dan berdampak pada kehidupan dirinya sendiri. Metode Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap 5 orang informan. Teknik analisis data kualitatif yang digunakan adalah reduksi, display dan verifikasi oleh Milles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa komunikasi interpersonal secara tatap muka yang terjadi pada siswa di Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018 FKIP Universitas Lambung yang mengalami dampak penggunaan smartphone kurang baik, hal ini karena mereka hanya berfokus pada penggunaan smartphone dan cenderung mengabaikan lingkungan sekitar.

Keywords


Dampak penggunaan smartphone, komunikasi interpersonal, mahasiswa program studi bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


Al Faridzi, Muhammad Paris. 2022. Tingkat Kecanduan Smartphone Pada Mahasiswa Selama Pandemi Covid 19. sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Santo Borromeus. Bandung Barat. 7 (1). Dari:

https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=durasi+penggunaan+smartphone+yang+mengarah+apda+kecanduan&btnG=#d=gs_qabs&t=1690392869542&u=%23p%3DQNxXP3LNoD4J

Alpan, Rizaldi. 2019. Efek Smartphone Terhadap Akhlak Generasi Milenial Di Perumnas Bumi Way Urang Kecamatan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi diterbitkan. Lampung: Fakultas Dakwah Dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan. Dari: https://scholar.google.co.id/scholar?q=Pengertian+smartphone+menurut+para+ahli&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&t=1673581817982&u=%23p%3Dcx-6lSvAsZsJ

Anam, H. Khairul, dkk. 2022. Komunikasi Antarpribadi Meningkatkan Efektivitas Kecakapan Interpersonal dalam Bidang Kesehatan. Kalimantan Selatan: CV. Ahbab Pustaka. DOI:

https://eprints.umbjm.ac.id/2496/1/%5BLO%5D%20Komunikasi%20Antarpribadi.pdf

Karwono, & Mularsih, Heni. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Serta

Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: Rajawali Pers.

Listiyarini, Mashita., Sari, Nina Permata & Sugianto, Akhmad. 2023. Relationship Between Nomophobia And Internet Addiction With Aggressive Behavior In Class VII And VIII Students Of MTs Antasari Martapura: The Inovation Of Social Studies Journal. 4 (2). Dari: https://doi.org/10.205.27/issj.v4i2.6282

Mubarok & Adnjani, Made Dwi. 2014. Komunikasi Antarpribadi Dalam

Masyarakat Majemuk. Jakarta Timur: Dapur buku. DOI: http://repositori.iainbone.ac.id/102/1/Komunikasi%20Antar%20Manusia.pdf

Saerong, Irene Priskila & Supartini, Tri. 2020. Hubungan Komunikasi

Interpersonal Guru dan Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMA Kristen Pelita Kasih Makassar. Sekolah Tinggi Filsafat Jaffray Makassar. 1 (1). Dari https://scholar.google.co.id/scholar?q=komunikasi+interpersonal+pdf&hl=id&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart#d=gs_qabs&t=1673613335847&u=%23p%3Dj0qGcdYyAXIJ

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.3.10883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats