THE DIFFERENCES OF SELF-CONTROL IN GUIDANCE AND COUNSELING STUDENTS OF FKIP ULM FOR THE 2017 AND 2018 WHO ADDICTED ONLINE GAME PUBG MOBILE

Muhammad Irza Fahlevi

Abstract


Prevalensi kecanduan game online mahasiswa yang berdampak negatif karena dapat menghambat aktivitas perkuliahan ataupun kehidupannya sehari hari diri mereka. Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan kontrol diri pada mahasiswa bimbingan konseling FKIP ULM Angkatan 2017 dengan 2018 yang kecanduan game online PUBG mobile. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Komperatif/perbedaan. Alat pengumpulan data menggunakan angket dengan pengukuran skala Likert dan teknik penarikan sampelnya menggunakan Teknik Purposive sampling, sebanyak 17 orang Mahasiswa Bimbingan Konseling Angkatan 2017 dengan 2018 FKIP ULM. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, uji beda t-test sampel bebas. Hasil analisis data menggunakan uji beda t-test sampel bebas dinyatakan ada perbedaan Kontrol Diri yang Signifikan antara Mahasiswa Bimbingan dan Konseling FKIP ULM Angkatan 2017 dan 2018.

Keywords


Kontrol Diri, Kecanduan Game Online

Full Text:

PDF

References


Alfin Riza Masyita (2016). Dampak Ketenangan Terhadap Perbudakan Game Berbasis Web Pada Pemain DOTA 2 Malang. Skripsi untuk studi sarjana di Fakultas Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang: tidak dipublikasikan.

Chaplin, J. P. (2011). Kamus psikologi. Jakarta: PT Raja

GrafindoPersada.

Ezmir. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif. Depok: Rajawali Press.

Ghufron, N.M & Risnawati. 2017. Teori-teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Jannah, F., Sulistiyana, S. and Sugianto, A., 2022. Hubungan Keterampilan Sosial dan Kontrol Diri dengan Penerimaan Teman Sebaya Pada Siswa SMP Negeri 33 Banjarmasin. Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 12 (1), pp.75 84.

K. Harahap (2013) Penelitian korelasional pengaruh game online terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Nurul Hasanah Desa Padang Bulan Medan berjudul “Game Online dan Prestasi Belajar”. Groove, Vol. 2 Jurnal Ilmu Komunikasi (5). Kompasiana, 10 Juni 2019. Fenomena Game Online Kalangan pelajar perlu ditanggapi secara serius.

Margono. 2014. Metedologi Penelitian Pendidikan. jakarta: PT. Rineka Cipta.

Novita Febriyanti Rahayu adalah putrinya. 2018. Hubungan Intensitas Bermain Game Online Dengan Pengendalian Diri Pada Anak Usia Sekolah. Proposisi Sarjana Ilmu Otak, Perguruan Tinggi Muhammadiyah Malang: tidak dipublikasikan.

Puspita, Shavira Tresna Ayu & Mulyana, Olievia Pranbadini. 2018. “Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Game Online pada Remaja Akhir”. Jurnal Psikologi Pendidikan, 5(1): 1-5. (Di dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/character/article/vie/22197 [10 Oktober 2019]). akses

Rachman, A., Rusandi, M.A. and Setiawan, M.A., 2019. Effect of phubbing behavior on student academic procrastination. Journal Bimbingan Dan Konseling, 8 (1), pp.1-5. S.D.Y. Ningtyas (2012)Hubungan Antara Kecanduan Internet Mahasiswa dan

Pengendalian DiriJurnal Psikologi PendidikanVol 1.No 1

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thalib, S. B. (2010). Psikologi Pendidikan berbasis analisis empiris aplikatif. Jakarta : Kencana Media Group.

Widyastuti, Febriana Siska. 2012. Kecanduan Mahasiswa terhadap Game Online (Studi tentang kebiasaan mahasiswa bermain game online di Seturan Sleman). Skripsi pada Sarjana Sosiologi Universitas Negeri Yogyakarta: tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2022.5.4.10884

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats