CORRELATION OF SOCIAL SUPPORT WITH SELF REGULATED LEARNING STUDENTS OF SMP NEGERI 16 BANJARMASIN
Abstract
Guru BK memiliki peran untuk membantu siswa menoptimalkan potensinya. Guna meoptimalkan potensi itu, peserta didik harus memiliki self regulated learning serta dukungan sosial yang baik. Penelitian memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dukungan sosial dan self regulated learning siswa serta menganalisis hubungan antara dukungan sosial dengan self regulated learning siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Alat pengumpul data berupa angket dengan skala likert. Penarikan sampelnya menggunakan sampel jenuh yakni sebanyak 236 siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan statistik deskriptif dan juga korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data dukungan sosial yang diterima siswa dengan masing-masing kategori yakni 22% sangat tinggi, 57% tinggi, 19% sedang, dan 2% pada tingkat rendah. Adapun tingkat self regulated learning siswa pada kategori sangat tinggi yakni sekitar 15%, 51% tinggi, 28% sedang dan tingkat rendah sebanyak 5%. Serta terdapat hubungan atau korelasi dengan arah positif yang signifikan antara dukungan sosial yang diterima siswa dengan Self Regulated Learning siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin. Kesimpulannya adalah dukungan sosial dan self regulated learning siswa berada pada kategori tinggi serta terdapat korelasi antara dukungan sosial dan self regulated learning siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiyansah, A. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Dari http://repository.radenintan.ac.id/8553/1/Skripsi%20Full.pdf
Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik
Mahasiswa. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 55-65. Dari https://scholar.archive.org/work/tfzddamww5huhcysf5ljiuvihi
/access/wayback/http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jmpi/article/download/7850/pdf
Daharnis, A. C. Hubungan antara Self Efficacy dan Dukungan
Sosial Orangtua dengan Self Regulated Learning Serta
Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ansiru Pendidikan Agama Islam, 3(1), 46-62. Dari https://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v2i1.1627
Istiqomah. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta (Mtss) Nurul Islam Bayung Lencir. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi) Dari http://repository.uinjambi.ac.id/11777/1/208180056%20Pengaruh%20Self%20Regulated%20Learning%20terhadap%20Hasl%20Belajar%20Matematika%20Siswa%20Kelas%20VIII%20Madrasah%20Tsanawiyah%20Swasta%20%28MTsS%29%20Nurul%20Islam%20Bayung%2
Lencir.pdf
King, L.A. (2017). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif
Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.
Kristanti, E., & Sari, N.P. (2021). Motivasi Berprestasi, Dukungan Sosial, dan Flow Akademik Siswa Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala
Ilmiah. 1(2): 187-200.
Kristiyani, T. (2016). Self Regulated Learning: Konsep, Implikasi,
dan Tantangannya Bagi Siswa Di Indonesia.Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Merisa, A., Rahayu, P. E., & Nastasia, K. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan self regulated learning siswa
SMK. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(2), 133-140. Dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/view
/956/761
Mubdiyah, R.A., Rahmawati, N.A.D., & Ramadhan, Y. (2023). Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Kerja Yang Mengalami Burnout. Parade Riset Mahasiswa:Psychological Security Dalam Dinamika
Kehidupan Mahasiswa. 1(1): 197-208.
Nilson, L.B. (2013). Creating Self-Regulated Learners: Strategies to Strengthen Students’ Self-Awareness and Learning Skills. Virginia: Stylus
Nugroho, A. A., Yuzarion, Y., & Hidayah, N. (2022). Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan
Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Pendidikan dan
Konseling (JPDK), 4(4), 5177-5185. Dari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/
view/6302
Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada
Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26-33. Dari http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/tabularasa/article/
view/284
Permatasari, N., Mulyadi, A., & Samlawi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian
Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akutansi di
SMKN Se-Bandung Raya. Fineteach: Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research. 1(3): 192-207
Sarafino, E.P., Smith, T.W., King, D.B., & DeLongis, A. (2015). Health Psycology: Biopsychososial Interactions canadian Edition. Canada:
Wiley
Santoso, M. D. Y. (2021). Dukungan Sosial Dalam Situasi Pandemi
Covid 19. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 11-26. Dari: http://journal.sragenkab.go.id/i
ndex.php/sukowati/article/view/184
Sugianto, A. (2017). Teknik permainan balogo dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan karakter kerja keras pada siswa SMP. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 (pp. 20-28). http://journal2.um.ac.id/index.p
hp/sembk/article/view/1446
Sugianto, A., Qomariah, M. S., & Alisha, A. N. (2023). 16. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa
Sebagai Need Assessment Pembelajaran Berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 520-531. http://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/4696
Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers
Triwahyuni, H., Chalimy, M. Z. F., & Mufidah, W. (2021). Dukungan Sosial Dan Self Regulated Learning Siswa Dalam Menghadapi
Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. In NiCMa:
National Conference Multidisplinary (Vol. 1, No. 1, pp. 606-613).
Wahyuningtyas, N., & Muslikah. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dan Self Regulated Learning dengan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 11(3): 49-63.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.1.11304
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia