CORRELATION OF SOCIAL SUPPORT WITH SELF REGULATED LEARNING STUDENTS OF SMP NEGERI 16 BANJARMASIN

Yuni Siti Maulinda, Akhmad Sugianto, Mufida Istati

Abstract


Guru BK memiliki peran untuk membantu siswa menoptimalkan potensinya. Guna meoptimalkan potensi itu, peserta didik harus memiliki self regulated learning serta dukungan sosial yang baik. Penelitian memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dukungan sosial dan self regulated learning siswa serta menganalisis hubungan antara dukungan sosial dengan self regulated learning siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Alat pengumpul data berupa angket dengan skala likert. Penarikan sampelnya menggunakan sampel jenuh yakni sebanyak 236 siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin. Teknik analisis data yang digunakan yakni menggunakan statistik deskriptif dan juga korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data dukungan sosial yang diterima siswa dengan masing-masing kategori yakni 22% sangat tinggi, 57% tinggi, 19% sedang, dan 2% pada tingkat rendah. Adapun tingkat self regulated learning siswa pada kategori sangat tinggi yakni sekitar 15%, 51% tinggi, 28% sedang dan tingkat rendah sebanyak 5%. Serta terdapat hubungan atau korelasi dengan arah positif yang signifikan antara dukungan sosial yang diterima siswa dengan Self Regulated Learning siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin. Kesimpulannya adalah dukungan sosial dan self regulated learning siswa berada pada kategori tinggi serta terdapat korelasi antara dukungan sosial dan self regulated learning siswa SMP Negeri 16 Banjarmasin.


Keywords


Dukungan Sosial; Self Regulated Learning

Full Text:

PDF

References


Ardiyansah, A. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Motivasi Belajar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung). Dari http://repository.radenintan.ac.id/8553/1/Skripsi%20Full.pdf

Chotimah, C., & Nurmufida, L. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prokrastinasi Akademik

Mahasiswa. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 5(1), 55-65. Dari https://scholar.archive.org/work/tfzddamww5huhcysf5ljiuvihi

/access/wayback/http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jmpi/article/download/7850/pdf

Daharnis, A. C. Hubungan antara Self Efficacy dan Dukungan

Sosial Orangtua dengan Self Regulated Learning Serta

Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ansiru Pendidikan Agama Islam, 3(1), 46-62. Dari https://dx.doi.org/10.30821/ansiru.v2i1.1627

Istiqomah. (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta (Mtss) Nurul Islam Bayung Lencir. (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi) Dari http://repository.uinjambi.ac.id/11777/1/208180056%20Pengaruh%20Self%20Regulated%20Learning%20terhadap%20Hasl%20Belajar%20Matematika%20Siswa%20Kelas%20VIII%20Madrasah%20Tsanawiyah%20Swasta%20%28MTsS%29%20Nurul%20Islam%20Bayung%2

Lencir.pdf

King, L.A. (2017). Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif

Edisi 3. Jakarta: Salemba Humanika.

Kristanti, E., & Sari, N.P. (2021). Motivasi Berprestasi, Dukungan Sosial, dan Flow Akademik Siswa Di Era Covid-19. Jurnal Cakrawala

Ilmiah. 1(2): 187-200.

Kristiyani, T. (2016). Self Regulated Learning: Konsep, Implikasi,

dan Tantangannya Bagi Siswa Di Indonesia.Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Merisa, A., Rahayu, P. E., & Nastasia, K. (2019). Hubungan antara dukungan sosial dengan self regulated learning siswa

SMK. Al-Qalb: Jurnal Psikologi Islam, 10(2), 133-140. Dari https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alqalb/article/view

/956/761

Mubdiyah, R.A., Rahmawati, N.A.D., & Ramadhan, Y. (2023). Dukungan Sosial Pada Mahasiswa Kerja Yang Mengalami Burnout. Parade Riset Mahasiswa:Psychological Security Dalam Dinamika

Kehidupan Mahasiswa. 1(1): 197-208.

Nilson, L.B. (2013). Creating Self-Regulated Learners: Strategies to Strengthen Students’ Self-Awareness and Learning Skills. Virginia: Stylus

Nugroho, A. A., Yuzarion, Y., & Hidayah, N. (2022). Hubungan Orientasi Masa Depan dan Dukungan Sosial Guru dengan

Self Regulated Learning Siswa. Jurnal Pendidikan dan

Konseling (JPDK), 4(4), 5177-5185. Dari http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/

view/6302

Oktariani, O., Munir, A., & Aziz, A. (2020). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan Self Regulated Learning Pada

Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan. Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister Psikologi, 2(1), 26-33. Dari http://jurnalmahasiswa.uma.ac.id/index.php/tabularasa/article/

view/284

Permatasari, N., Mulyadi, A., & Samlawi, F. (2022). Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Kemandirian

Belajar Siswa Pada Pembelajaran Akutansi di

SMKN Se-Bandung Raya. Fineteach: Journal of Finance, Entrepreneurship, and Accounting Education Research. 1(3): 192-207

Sarafino, E.P., Smith, T.W., King, D.B., & DeLongis, A. (2015). Health Psycology: Biopsychososial Interactions canadian Edition. Canada:

Wiley

Santoso, M. D. Y. (2021). Dukungan Sosial Dalam Situasi Pandemi

Covid 19. Jurnal Litbang Sukowati: Media Penelitian Dan Pengembangan, 5(1), 11-26. Dari: http://journal.sragenkab.go.id/i

ndex.php/sukowati/article/view/184

Sugianto, A. (2017). Teknik permainan balogo dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan karakter kerja keras pada siswa SMP. In Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017 (pp. 20-28). http://journal2.um.ac.id/index.p

hp/sembk/article/view/1446

Sugianto, A., Qomariah, M. S., & Alisha, A. N. (2023). 16. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Analisis Profil Gaya Belajar Siswa

Sebagai Need Assessment Pembelajaran Berdiferensiasi. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(03), 520-531. http://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/4696

Suralaga, F. (2021). Psikologi Pendidikan: Implikasi dalam Pembelajaran. Depok: Rajawali Pers

Triwahyuni, H., Chalimy, M. Z. F., & Mufidah, W. (2021). Dukungan Sosial Dan Self Regulated Learning Siswa Dalam Menghadapi

Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. In NiCMa:

National Conference Multidisplinary (Vol. 1, No. 1, pp. 606-613).

Wahyuningtyas, N., & Muslikah. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dan Self Regulated Learning dengan Prestasi Belajar. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application. 11(3): 49-63.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.1.11304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats