ANALYSIS OF IDENTIFICATION OF LEARNING DISCIPLINE BEHAVIOR AMONG STUDENTS OF FKIP ULM BANJARMASIN

Febiyana Nur Alifa

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perilaku disiplin belajar pada mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 dari 5 prodi yang berjumlah 176 mahasiswa yang ditentukan dengan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa perilaku disiplin belajar pada mahasiswa angkatan 2021 dari 5 prodi FKIP ULM Banjarmasin tergolong pada kategori tinggi berjumlah 101 atau 57%, pada aspek kepatuhan dalam mengikuti proses belajar mengajar memiliki kategori tinggi berjumlah 120 atau 68%, pada aspek kepatuhan pada tata tertib kampus memiliki kategori tinggi berjumlah 123 atau 70%, dan pada aspek ketaatan pada jam belajar memiliki kategori sedang dengan 108 atau 62%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan perilaku disiplin belajar pada mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin khususnya angkatan 2021 termasuk pada kategori tinggi, ditinjau dari berbagai aspek disiplin belajar.

Keywords


Perilaku Disiplin Belajar, Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Adinoto, P. (2019). Pengaruh Kegiatan Awal Pembelajaran, Disiplin Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 53. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110

Agustina, R., Masrifani, & Nopiani, A. (2017). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi Stie Nasional Banjarmasin. DINAMIKA EKONOMI:Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 10(2), 49–62.

Agustina, R. E., Sari, N. P., & Sugianto, A. (2021). Pengembangan Modul Pendidikan Karakter Disiplin Berbasis Nilai Budaya Banjar Waja Sampai Kaputing Di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling, 4(4).

Bali, M. M. E. I., & Hasanah, F. (2022). Aksentuasi Disiplin Belajar Mahasiswa dalam Moda Hybrid Learning di Era Pandemi Covid-19: Persepsi Pendidik. Jurnal Basicedu, 6(3), 4210–4219. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2800

Fadrian, A., & Irianto, A. (2015). Pengaruh Kemandirian Belajar, Disiplin Belajar Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Perilaku Menyontek Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Fiara, A., Nurhasanah, N., & Bustamam, N. (2019). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Tidak Disiplin Pada Siswa SMP Negeri 3 Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. 10(1), 41-48.

Nurfebrianti, I. P., Ermawati, D., & Setiawan, D. (2022). Analisis Sikap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3353–3357. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.835

Nurfitriyani, M. (2015). Pengaruh Kreativitas dan Kedisiplinan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Kalkulus. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(3). https://doi.org/10.30998/formatif.v4i3.157

Rusydayana, L. S., & Supriyanto, A. (2020). Pengaruh Kedisiplinan dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa. In Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah pada Masa dan Pasca Pandemi Covid-19.

Rachman, A., Setiawan, M. A., Putro, H. Y. S., Sharaya, M. A., Suharyani, E., & Nayoan, D. E. C. (2021). Sosialisasi “Zedemy” Platform e-learning pada Layanan Klasikal Bimbingan Konseling

untuk Meminimalisir Perilaku Cyberbullying di SMP seKabupaten Banjar.

Sugianto, Akhmad, 2016. Konseling Proaktif Dengan Strategi Simbolis Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Akademik Siswa di Bantaran Sungai. Jurnal Konseling Proiaktif 1(1).

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor Kedisiplinan Belajar Pada Siswa Kelas X SMK Larenda Brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279 Tu’u, Tulus. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Garsindo.

Wahyuningsih, N. E. (2020). Analisis Perbedaan Gender Dalam Tingkat Kedisiplinan Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19. Musawa: Journal for Gender Studies, 12(2), 311–337. https://doi.org/10.24239/msw.v12i2.674




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.2.11356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats