CHARACTER EDUCATION PROFILE PANCASILA CREATIVE ELEMENTS AND THE RELATIONSHIP TO HUMANISTIC PERSONALITY THEORY IN THE WORLD OF EDUCATION
Abstract
Penulisan artikel ini dibuat dengan tujuan untuk menjelaskan mengenai Pendidikan karakter dengan mendasari Profil Pancasila elemen kreatif dan juga mengungkit keterkaitan antara elemen kreatif dengan teori humanistik. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini menggunakan metode kajian literatur. Metode kajian literatur atau metode studi literatur adalah metode dengan pengumpulan data Pustaka. Penulisan kepustakaan atau studi literatur ini didapaatkan dengan cara membaca buku dan berbagai sumber daa lainnya seperti buku, jurnal jurnal ilmiah, dan berbagai referensi lainnya. Hasil penulisan ini adalah adanya ditemuka keterkaitan antara salah satu elemen Profil Pancasila yaitu kreatif dengan salah satu teori kepribadian yaitu teori kepribadian humanistik. Di dalam aliran psikologi humanistik beranggapan bahwa seorang individu dikatakan sudah berhsil mencapai aktualisasi diri ketika individu sudah menunjukan semua potensi, kemampuan dan bakat yang ia miliki. Kemudian, semua potensi, kemampuan, dan bakat tersebut bisa digunakan untuk memperoleh suatu yang ingin dicapai. Menurut psikologi humanistik, seseorang dapat dikatakan sudah mencapai aktualisasi diri apabila individu tersebut sudah menunjukan dan menggunakan semua bakat atau potensi dalam dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang ia inginkan. Dengan adanya penulisan artikel ini, diharapkan setiap individu bisa mengembangkan karakter salah satunya untuk menjadi individu yang kreatif agar bisa menghasilkan sesuatu yang baru dan bersifat orisinal serta dapat memberikan dampak dengan hasil yang sesuai dengan kebutuhannya, sehingga bisa mencapai aktualisasi diri.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
‘Adziima, Mavatih Fauzul. 2022. “Psikologi Humanistik Abraham Maslow.” Jurnal Tana Mana 2(2):86–93. doi: 10.33648/jtm.v2i2.171.
Agung, Leo. 2018. “Character Education Integration in Social Studies Learning.” International Journal of History Education 12(2):392. doi: 10.17509/historia.v12i2.12111.
Ardiati, Ratih Kemala. 2018. “Peran Orang Tua Dalam Perkembangan Kepribadian Anak Usia Dini.” SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling 3(3):73. doi: 10.23916/08413011.
Irawan, Redi. 2022. “Aplikasi Teori Humanistik Abraham Maslow Dan Aktualisasi Diri Di Kalangan Mahasantri Intensif Al-Amien Prenduan Sumenep.” Hudan Lin Naas: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora 3(1):31–46.
Irawati, Dini, Aji Muhamad Iqbal, Aan Hasanah, and Bambang Syamsul Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6(1):1226. doi: 10.33487/edumaspul.v6i1.3622.
Istianah, Anif. 2021. “Volume 19 No. 2 Edisi Oktober 2021.” 19(2):202–7.
Istianah, Anif, Sukron Mazid, Sholihun Hakim, and Ririn Puji Susanti. 2021. “‘Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus.’” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan 19(1):59–68.
Juita, Dewi, and M. Yusmaridi. 2021. “The Concept of ‘Merdeka Belajar’ in the Perspective of Humanistic Learning Theory.” Spektrum: Pendidikan Luar Sekolah 9(1):20–30. doi: 10.24036/spektrumpls.v9i1.111912.
Juliani, Asarina Jehan, and Adolf Bastian. 2021. “Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila.” 257.
Kahfi, Ashabul. 2022. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah.” DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 5 (2):138-151.
Kemendikbudristek. 2022. Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka.
Mery, Mery, Martono Martono, Siti Halidjah, and Agung Hartoyo. 2022. “Sinergi Peserta Didik Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu 6(5):7840–49. doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3617.
Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. 2019. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 3(2):50–57. doi: 10.33487/edumaspul.v3i2.142.
Nisa, Ririn Muthiatun. 2017. “Kreativitas Dalam Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pendidikan.” An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Studi Islam 4(1):67–85. doi: 10.33507/an-nidzam.v4i1.30.
Octavia, Erna, and M. Anawar Rube’i. 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Pancasila Untuk Membentuk Mahasiswa Prodi PPKN Menjadi Warga Negara Yang Baik Dan Cerdas [The Strengthening of Character Education Based on Pancasila to Form a Student of PPKn Major to Be a Good and Intelligent Citiz.” Social Horizon: Journal of
Social Education/ Sosial Horison: Jurnal Pendidikan Sosial 4(1):111–24.
Prajoko, Indra, and M. Sayyidul Abrori. 2021. “Penerapan Teori Humanistik Carl Rogers Dalam Pembelajaran PAI.” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan 5(1):15–26.
Pranowo, Dwiyanto Djoko. 2013. “Jurnal Pendidikan Karakter.” Implementasi Pendidikan Karakter Kepedulian Dan Kerja Sama Pada Mata Kuliah Keterampilan Berbicara Bahasa Prancis Dengan Metode Bermain Peran 2(2):1–19.
Qorib, Muhammad, Parjuangan, and Candra Krisna Jaya. 2022. “Kreativitas Dalam Perspektif Teori Humanistik Rogers.” Intiqad 14(1):159–76. doi: 10.30596/intiqad.v14i1.10372.
Rahman, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2(1):1–8.
Rusnaini, Rusnaini, Raharjo Raharjo, Anis Suryaningsih, and Widya Noventari. 2021. “Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa.” Jurnal Ketahanan Nasional 27(2):230. doi: 10.22146/jkn.67613.
Samsara, Anta. 2020. Mengenal Psikologi Humanistik. Lautan Jiwa.com.
Siti Azizah Susilawati, S. S. M. P., M. T. Dr. Muhammad Musiyam, and M. P. Zaid Ali
Wardana. 2021. Pengantar Pengembangan Bahan Dan Media Ajar. Muhammadiyah University Press.
Subakti, Hani. 2022. Teori Pembelajaran. 1st ed. Yayasan Kita Menulis.
Suryo Putro, Hendro Yulius, Eklys Cheseda Makaria, Hairunisa Hairunisa, and Gazali Rahman. 2023. “Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran.” Jurnal Pengabdian ILUNG
(Inovasi Lahan Basah Unggul) 2(4):698. doi: 10.20527/ilung.v2i4.7697.
Sutisna, Riva. 2021. “Analisis Karakteristik Kepribadian Mahasiswa Dengan Teori Kepribadian Humanistik Carl R . Rogers : The Fully Functioning Person Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Bikotetik 6:68–78.
Trygu. 2020. Studi Literatur Problem Based Learning Untuk Masalah Motivasi Bagi Siswa Dalam Belajar Matematika. SPASI MEDIA.
Warsono. 2022. “PROCEEDINGS Membangun Karakter Dan Budaya Literasi Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SD PENDIDIKAN KARAKTER DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA.” Journal Um Surabaya 1(1):631–40.
Yunailis Murida. 2019. “Kajian Teori Humanistik Maslow Dalam Kurikulum 2013.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 9(10):97.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.3.11372
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia