IMPLICATIONS OF CARL R. ROGERS' THEORY FOR STRENGTHENING THE PROFILE OF INDEPENDENT DIMENSION PANCASILA STUDENTS

Tiara Ariliani, Nina Permata Sari, Eklys Cheseda Makaria

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah penulis ingin menghubungkan keterkaitan antara Teori Carl R. Rogers terhadap Profil Pelajar Pancasila yang difokuskan pada salah satunya dari dimensi profil pelajar pancasila yaitu pada dimensi Mandiri, sehingga dengan adanya hal tersebut diharapkan peserta didik dapat menjadi individu yang mandiri dengan tugas konselor untuk memandirikan individu sehingga mencapai perkembangan secara optimal. Pendekatan dalam penulisan ini adalah menggunakan metode studi literatur atau studi kepustakaan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teori Carl R. Rogers membangun kemauan siswa untuk belajar dan menciptakan keberadaannya sendiri dalam konteks sekolah dan masyarakat merupakan tujuan dari konsep belajar Rogers (Self Realization). Dengan adanya tindakan mandiri ini dimaksudkan untuk membuat pembelajaran bermakna antara pengetahuan akademik dan kehidupan sehari-hari. Strategi pembelajaran yang disebut "belajar mandiri" bertujuan untuk menumbuhkan inisiatif diri, kemandirian, dan peningkatan. Teori Carl R. Rogers yang berpusat pada individu mengalami keterkaitan bahwa dengan adanya dimensi mandiri pada profil pelajar pancasila menyebabkan terjadinya pergeseran paradigma proses pembelajaran dari teacher centered menjadi student centered. pembelajaran (disebut juga dengan “Student Centered Learning” yang diharapkan dapat mendorong siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran). Saran dari penulisan artikel ini untuk penulis selanjutnya agar dapat memberikan pembahasan yang lebih detail dan mendalam juga lebih banyak lagi Teori-teori kepribadian yang dihubungkan dengan profil pelajar pancasila, dan juga diharapkan dapat berguna bagi pembaca sebagai bahan pemikiran yang tepat untuk disampaikan dan sebagai penguatan kepada peserta didik dalam penerapan profil pelajar pancasila.


Keywords


Mandiri; Teori Carl Rogers; Pembelajaran Terpusat.

Full Text:

PDF

References


Agyei, R., & Ofosu-Brakoh, V. (2022). Managing Challenges Women Face in Leadership Positions: Carl Rogers’ Humanistic Approach. Open Journal of Educational Research, 2(5), 233–244. https://doi.org/10.31586/ojer.2022.408

Ahmad, N. F. (2018). Fatih PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DAN DISIPLIN SANTRI PONDOK PESANTREN MAMBAUS SHOLIHIN SUCI MANYAR GRESIK. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-

%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-

%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht

Arizona & Intika, T. (2021). PENGARUH TEKNIK RELAKSASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI MAHASISWA PGSD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA Tiurida Intika.

Bagoes Malik Alindra, A. M., & Amin, J. M. (2021). Tokoh-Tokoh Teori Belajar Humanistik Dan Urgensinya Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 2021.

Febiani Musyadad, V. 2022, Tanjung, R., Arifudin, O., Rakeyan Santang, S., Akademik, S., Kerja, M., & Pembelajaran, P. (2022). Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Motivasi Kerja Guru dalam Membuat Perangkat Pembelajaran Kata kunci (Vol. 5, Issue 6).

http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Hair, M. A., & Atnawi. (2022). Paradigma Pembelajaran Humanisme Perspektif Carl R. Rogers Serta Implikasinya dalam Pembelajaran PAI. Ahsana Media, 8(1), 13–23.

Harahap, D. (2020). Teori Carl Rogers dalam Membentuk Pribadi dan Sosial yang Sehat. AL-

IRSYAD: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2, 321–334.

Hasmalawati, N., & Hasanati, N. (2018). Perbedaan Tingkat Kelekatan Dan Kemandirian Mahasiswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, 3(1), 1–11.

https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Psikoislam/article/view/2472

Insani, F. D. (2019). Teori Belajar Humanistik Abraham Maslow Dan Carl Rogers Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(2), 209–230. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i2.140

Irawati, D. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 6(2580–0469).

Kemendikbud. (2021). Program Sekolah Penggerak. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/

Nurbaiti, N. (2019). Pendidikan humanistik Islami melalui pembelajaran aplikatif (Studi di Pondok Pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta). Kordinat, 18(1), 159–192.

Nurihayanti, O. (2021). Pancasila Student Profile as Achievement Merdeka Belajar on Program Guru Penggerak. 2021 International Conference of Interdisciplinary Sciences ICIS, 2019,

–209.

Panggabean, S., Widyastuti, A., Damayanti, W. K., Nurtanto, M., Subakti, H., kholifah, N., Chamidah, D., Sianipar, L. K., Ardiana, D. P. Y., Purba, F. J., & others. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

https://books.google.co.id/books?id=zIM8EAAAQBAJ

Rahayuningsih, F. 2021. (2021). INTERNALISASI FILOSOFI PENDIDIKAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(Desember).

Setiawan, M. A. (2018). Pendekatan-Pendekatan Konseling (Teori Dan Aplikasi). Deepublish.

https://books.google.co.id/books?id=DGl5DwAAQBAJ

Siti Azizah Susilawati, S. S. M. P., Dr. Muhammad Musiyam, M. T., & Zaid Ali Wardana, M. P. (2021). Pengantar Pengembangan Bahan dan Media Ajar. Muhammadiyah University Press. https://books.google.co.id/books?id=J3JXEAAAQBAJ

Srirahmawati, A., & Hunaifi, A. A. (2022). Realizing Pancasila Student Profiles in the Elementary School with Learning Media Based on Local Wisdom “Barongan Masks.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 8(2), 375.

https://doi.org/10.33394/jk.v8i2.4758

Suryo Putro, H. Y., Makaria, E. C., Hairunisa, H., & Rahman, G. (2023). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemanfaatan Assesmen Diagnostik Guna Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 2(4), 698. https://doi.org/10.20527/ilung.v2i4.7697

Sutisna, R., Rusmana Bimbingan dan Konseling, N., & Supriatna Bimbingan dan Konseling, M. (2022). Analisis Karakteristik Kepribadian Mahasiswa dengan Teori Kepribadian Humanistik Carl R. Rogers:The Fully Functioning Person dan Implikasinya terhadap

Bimbingan dan Konseling.

Tampubolon, B. (2020). Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 34. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920

Trygu. (2020). Studi Literatur Problem Based Learning untuk masalah Motivasi bagi siswa dalam Belajar Matematika. SPASI MEDIA. https://books.google.co.id/books?id=b-

X8DwAAQBAJ

Vina Serevina, Sunaryo, Raihanati, I Made Astra, I. J. S. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student’s Science Process Skill. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology –

, 17(3), 26–36.

Yazdani, S., & Ross, S. (2019). Carl Rogers’ notion of “Self-actualization” in Joyce’s a portrait of the artist as a Young Man. 3L: Language, Linguistics, Literature, 25(2), 61–73.

https://doi.org/10.17576/3L-2019-2502-05




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.3.11376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats