PENANAMAN NILAI – NILAI MORAL PADA ANAK USIA DINI GUNA MENCEGAH TERJADINYA PERILAKU BULLYING

Nur Abidah Az Zahro, Ririanti Rachmayanie Jamain, Muhammad Arsyad, Hendro Yulius Suryo Putro

Abstract


Penanaman nilai-nilai moral ini terhadap anak usia dini sangatlah penting dilakukan, pasalnya anak dalam masa ini menuju yang disebut “the golden age” yaitu masa anak ketika mempunyai potensi serta rasa ingin tahu yang baik untuk dikembangkan dan memasuki tahap pra sekolah. Pada masa ini perlunya pengawasan dan didikan dari orang tua serta guru disekolah untuk menanamkan nilai-nilai moral pada anak agar mencegah terjadinya perilaku bullying. Perilaku bullying ini sangat menjadi sorotan dari para orang tua dan guru, karena menjadi suatu perilaku negatif yang akan berdampak dari merosotnya moral. Penelitia. dilakukan dengan metode studi literatur dari berbagai macam refrensi online yang diperoleh melalui google scholar

Keywords


Usia Dini, Bullying, Nilai Moral

Full Text:

PDF

References


Ambarini, R., Indrariani, E. A., & Zahraini, A. D. (2018). Antisipasi Pencegahan BullyingSedini Mungkin: Program Anti Bullying Terintegrasi Untuk Anak Usia Dini.Journal of Dedicators Community, 2(2), 64-82.

Anggraini, W., & Syafril, S. (2018). Pengembangan Nilai–Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini.

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal,5(1), 102-122.

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, S., & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan nilai-nilai karakter anak usia dini melalui pembiasaan dan keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 203-213.

Harmilasari, R. U. M., Nugrahini, W. A., & Wati, P. Y. MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI POLA ASUH ORANG TUA UNTUK PERANGI TINDAKAN BULLYING. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 134-141.

Habsy, B. A. (2017). Seni memehami penelitian kuliatatif dalam bimbingan dan konseling: studi literatur. Jurnal Konseling Andi

Matappa, 1(2), 90-100.

Hefniy, S. S., Harmonis, M., & Safiah, S. (2020). ALAT PERMAINAN EDUKASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PAI PADA ANAK USIA DINI. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(1), 109-122.

Izza, A. Z., Falah, M., & Susilawati, S. (2020). Studi literatur: Problematika evaluasi pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan di era merdeka belajar. Konferensi Ilmiah Pendidikan, 1(1), 10-15.

Kusumawardani, L. H., Dewanti, B. R., Maitsani, N. A., Uliyah, Z., Dewantari, A. C.,Laksono, A. D., ... & Laila, N. R. (2020). Peningkatan Pengetahuan PencegahanPerilaku Bullying Melalui Metode Edukasi Dan Role Play Pada Anak UsiaSekolah. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 15(2), 162-171.

Ningrum, M. A., & Wardhani, A. M. R. (2021). Pengembangan Buku Panduan Anti-Bullying untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 6(3), 131-

Prima, E., & Lestari, P. I. (2018). Implementasi Token Economy Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).167

Puspitasari, I., & Hidayatulloh, M. K. (2020). Penanaman Nilai Moral-Spiritual Pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Fabel dalam Surat Al-Fiil. Wacana, 12(1), 36-49.

Putro, H. Y. S., & Rachman, A. (2022). The Relationship of Teachers’ Personal Competencies and Parents’ Permissive Patterns with Adolescent Cyberbullying Behavior. Bisma The Journal of Counseling, 6(1), 8–15.https://doi.org/10.23887/bisma.v6i1.45544

Safitri, N., Kuswanto, C. W., & Alamsyah, Y. A. (2019). Metode Penanaman Nilai-Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Education (JECE), 1(2), 29-44.

Setyawan, D., Putri, R. Y., & Rahmawati, R. (2018). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di PAUD. MOTORIC, 2(1), 34-43.

https://ejournal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/739/590




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.3.11377

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats