ANALISIS HUBUNGAN TEORI BEHAVIORISTIK DALAM MEMBENTUK PERILAKU MANDIRI PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR (SD) PADA KURIKULUM PROFIL PELAJAR PANCASILA

Yunita Ani Rajatman, Nina Permata Sari, Eklys Cheseda Makaria

Abstract


Perilaku mandiri menjadi salah salah satu struktur pengembangan diri yang ada pada setiap individu. Tujuan dari adanya sikap mandiri ini adalah agar individu dapat berdiri sendiri, memiliki keberanian dalam hal yang di hadapi, dan berani memilih keputusan yang dia pilih. Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui pengaplikasian teori behavioristik pada membangun perilaku mandiri siswa di sekolah dasar (SD) yang didasari juga pada kurikulum profil pelajar Pancasila. Metode yang digunakan adalah metode literature yang dimana akan dikaji bersumber dari berbagai referensi. Untuk mengetahui apakah teori behavioristik ini dapat menjadi terapkan dalam mewujudkan perilaku yang mandiri.

Keywords


Behavioristik, Profil pelajar pancasila, mandiri

Full Text:

PDF

References


A.M.Irfan Taufan Asfar, A.M.Iqbal Akbar Asfar, Mercy F Halamury. (2019). TEORI BEHAVIORISME ( Theory of Behaviorism ). Researchgate, 0–32. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324

Al-Shammari, Zaid, Faulkner, Paula E., And Forlin, Chris. (2019). Theories-based Inclusive Education Practices. Education Quarterly Reviews, 2(2), 408–414.https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.02.73

Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492

Hidayah, Y., & Suyitno. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 22–30.

Iis Nurasiah, Arita Marini, Maratun Nafiah, Nugraheni Rachmawati. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727

Khabib Bastari. (2021). Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan dan Tantangan. Inovasi Riset Akademik, Vol.1(1), 68–77.Kurikulum, P. (2022). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Meilin Nuril Lubaba, Iqnatia Alfiansyah. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.

Misjaya, Bukhori, D. S., Husaini, A., & Syafri, U. A. (2019). Konsep Pendidikan Kemandirian Ekonomi di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo-Jawa timur. Pendidikan Islam, 8(1), 91–108

Richard M. Ryan, Emma Bradshaw, Edward L. Deci. (2019). A History of Human Motivation Theories. Cambridge Handbook of the Intellectual History of Psychology, 1–22.

Ridwan, M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/356

Rusnaini, Raharjo, Anis, S., & Widya, N. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613

Sakinah, U. (2018). Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Perilaku Mandiri Merawat Diri Pada Tunagrahita. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(1), 68–84. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-06

Setyowati, K., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Kisi-kisi dan prinsip-prinsip profil pelajar pancasila. Seminar Nasional ManajemenStrategik

Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3333/1876

Yusutria, Rina Febriana. (2019). Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575

Zhao, L. (2022). Study on Child Language Acquisition—Behaviorism, Nativism, and Sociolingustic Approach. Proceedings of the 2022 3rd International Conference on Mental Health, Education and Human Development (MHEHD 2022), 670(Mhehd), 1226–1229. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220704.22




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.4.11590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats