ANALISIS HUBUNGAN TEORI BEHAVIORISTIK DALAM MEMBENTUK PERILAKU MANDIRI PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR (SD) PADA KURIKULUM PROFIL PELAJAR PANCASILA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M.Irfan Taufan Asfar, A.M.Iqbal Akbar Asfar, Mercy F Halamury. (2019). TEORI BEHAVIORISME ( Theory of Behaviorism ). Researchgate, 0–32. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.34507.44324
Al-Shammari, Zaid, Faulkner, Paula E., And Forlin, Chris. (2019). Theories-based Inclusive Education Practices. Education Quarterly Reviews, 2(2), 408–414.https://doi.org/10.31014/aior.1993.02.02.73
Arifudin, O. (2022). Optimalisasi Kegiatan Ekstrakurikuler dalam Membina Karakter Peserta Didik. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 829–837. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.492
Hidayah, Y., & Suyitno. (2021). Kajian Media Pembelajaran Berbasis Interaktif Untuk Memperkuat Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 22–30.
Iis Nurasiah, Arita Marini, Maratun Nafiah, Nugraheni Rachmawati. (2022). Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(3), 3639–3648. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727
Khabib Bastari. (2021). Belajar Mandiri dan Merdeka Belajar Bagi Peserta Didik, Antara Tuntutan dan Tantangan. Inovasi Riset Akademik, Vol.1(1), 68–77.Kurikulum, P. (2022). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results
Meilin Nuril Lubaba, Iqnatia Alfiansyah. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Sains Dan Teknologi, 9(3), 687–706.
Misjaya, Bukhori, D. S., Husaini, A., & Syafri, U. A. (2019). Konsep Pendidikan Kemandirian Ekonomi di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo-Jawa timur. Pendidikan Islam, 8(1), 91–108
Richard M. Ryan, Emma Bradshaw, Edward L. Deci. (2019). A History of Human Motivation Theories. Cambridge Handbook of the Intellectual History of Psychology, 1–22.
Ridwan, M., Ulum, B., & Muhammad, F. (2021). Pentingnya Penerapan Literature Review pada Penelitian Ilmiah (The Importance Of Application Of Literature Review In Scientific Research). Jurnal Masohi, 2(1), 42–51.http://journal.fdi.or.id/index.php/jmas/article/view/356
Rusnaini, Raharjo, Anis, S., & Widya, N. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249. https://doi.org/10.22146/jkn.67613
Sakinah, U. (2018). Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Perilaku Mandiri Merawat Diri Pada Tunagrahita. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 15(1), 68–84. https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-06
Setyowati, K., Arifin, I., & Juharyanto. (2022). Kisi-kisi dan prinsip-prinsip profil pelajar pancasila. Seminar Nasional ManajemenStrategik
Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1–8. http://conference.um.ac.id/index.php/ap/article/view/3333/1876
Yusutria, Rina Febriana. (2019). Aktualisasi Nilai–Nilai Kemandirian Dalam Membentuk Karakter Mandiri Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 577–582. https://doi.org/10.29313/tjpi.v8i1.4575
Zhao, L. (2022). Study on Child Language Acquisition—Behaviorism, Nativism, and Sociolingustic Approach. Proceedings of the 2022 3rd International Conference on Mental Health, Education and Human Development (MHEHD 2022), 670(Mhehd), 1226–1229. https://doi.org/10.2991/assehr.k.220704.22
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2023.6.4.11590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia