UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

Azizah Azizah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 25 Banjarmasin melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management. Penelitian ini dilakukan dengan tindakan kelas melalui dua siklus dengan dua kali pertemuan. Adapun populasi siswa kelas VII berjumlah 209 dengan sampel 6 orang yang diperoleh menggunakan teknik penarikan sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I pertemuan pertama aktivitas peneliti termasuk kategori “cukup baik” kemudian mengalami peningkatan  sampai pada kategori “sangat baik” pada siklus II pertemuan kedua. Kemudian pada aktivitas siswa dari siklus I pertemuan pertama, termasuk kategori “cukup aktif” kemudian mengalami peningkatan  sampai pada kategori “sangat aktif” pada siklus II pertemuan kedua. Sedangkan, terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa dari siklus I pertemuan pertama yang termasuk kategori “kurang berhasil” kemudian terus meningkat sampai pada siklus II pertemuan kedua, dimana sudah termasuk kategori “berhasil”. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemandirian belajar siswa dengan dilaksanakannya layanan bimbingan kelompok dengan teknik Self Management.

Full Text:

PDF

References


Alamri, Nurdjana. 2015. Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self management Untuk Mengurangi Perilaku Terlambat Masuk Sekolah (Studi Pada Siswa Kelas X SMA 1 Gebog Tahun 2014/2015). Jurnal Konseling GUSJIGANG, (Online), Vol.1, No.1, (http://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/259/258, diakses 25 Oktober 2017).

Corey, Gerald. 2007. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.

Daryanto dan Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Rachman, Ali. 2017. Penguatan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Makalah disajikan pada Seminar Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling. Hulu Sungai Tengah: Pengurus Cabang ABKIN Hulu Sungai Tengah. 26 Juli 2017. (Online), (http://fprints.ulm.ac.id/2830) diakses pada 31 Oktober 2017

Triyono. 2012. Penelitian Tindakan Dalam Bimbingan Dan Konseling. Departemen Pendidikan Nasional: Universitas Negeri Malang: Panitia Sertifikasi Guru (Online). (http://www.indoamaterasu.com/2016/08/modul-penelitian-tindakan-dalam.html), diakses pada 31 Oktober 2017

Wahyaningrum, Andri. 2017. Self-Management dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemandirian belajar peserta didik kelas VIII MTsN Karanggede Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP Universitas Sebelas Maret.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2018.1.1.1483

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats