UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DENGAN PERMAINAN TRADISIONAL BAHASINAN DALAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 7 BANJARMASIN
Abstract
Kepercayaan diri merupakan sikap yakin akan kemampuannya, optimis dan bertanggung jawab, siswa masih tidak yakin dengan kemampuannya, pesimis, berpikir dengan pandangan sendiri, tidak bertanggung jawab, tidak menerima kenyataan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa yaitu yakin akan kemampuan diri, berpikir optimis dan objektif, bertanggung jawab, serta bersikap rasional dengan menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan konseling (PTBK) dengan 4 siklus (perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi). Subyek penelitian 6 siswa kelas X MIPA 2 SMAN 7 Banjarmasin. Hasil aktivitas peneliti mendapatkan skor 87 kategori sangat baik. Aktivitas siswa mendapatkan 82 kategori sangat aktif. Peningkatan kepercayaan diri mendapatkan skor 104 kategori sangat tinggi. Jadi permainan tradisional bahasinan dalam layanan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Diharapkan kepada pihak sekolah agar menggunakan permainan tradisional lainnya dalam melaksanakan layanan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan masalah lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Putri, Gardena, Tarigan, Caecilia. 2014. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Melalui Teknik Role Playing pada Kelas VII di Smp Negeri 9 Banjarbaru. Skripsi tidak diterbitkan. Banjarmasin. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. ULM.
Syamsiar, M, Seman. 2006. Permainan Tradisional Orang Banjar. Banjarmasin: yayasan Pendidikan Banua Banjarmasin.
Sugiyono. 2014. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Juntika, Nurihsan, achmad. 2010. Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2018.1.1.1484
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia