EFEKTIVITAS TEKNIK SHAPING UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS XI PIS-1 DI SMA NEGERI 3 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling individual dengan penggunaan teknik Shaping. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimental desain yang menggunakan Single Subject Research. Instrumen penelitian yang digunakan berupa “Pedoman Penelitian Teknik Shaping untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal”. Dari hasil penelitian menunjukkan peningkatan komunikasi interpersonal siswa dengan menggunakan teknik Shaping yaitu siswa mampu untuk melakukan target pembentukan perilaku yang diharapkan secara bertingkat setiap harinya tetapi frekuensi, durasi dan intensitasnya memiliki kurva naik turun. Kesimpulan dari hasil pengamatan dan analisis data dari kegiatan penelitian yang telah dilakukan adalah sebagai berikut: 1) Siswa sebelum diberikan teknik shaping memiliki komunikasi interpersonal yang rendah, 2) Setelah diberikan perlakukan siswa mampu meningkatkan komunikasi interpersonalnya dan 3) Teknik Shaping mampu meningkatkan komunikasi interpersonal konseli
Full Text:
PDFReferences
Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu. Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Rachman, Ali & M. Andri Setiawan. 2017. Keterampilan Komunikasi Konseling Berbasis Ayat Al Qur’an dalam Layanan Konseling Sufistik. Banjarmasin : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Volume 8 No. 1 Tahun 2017 (online) [dari http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/Ali%20Rachman diakses pada 31 Oktober 2017]
Thoha,Miftah. 2013. Perilaku & Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2018.1.1.1488
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia