PENGARUH HARGA DIRI DAN KONTROL SOSIAL TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU BULLYING VERBAL PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 ALALAK BARITO KUALA
Wilda Afriani
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara harga diri dan kontrol sosial secara bersama-sama terhadap kecenderungan perilaku bullying verbal pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Alalak Barito Kuala. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Penelitian memfokuskan pada pengungkapan pengaruh antara variabel. Populasi pada penelitian ini berjumlah 214 dari seluruh siswa kelas X, diambil sampel sebanyak 124 responden melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri dan kontrol sosial berpengaruh terhadap perilaku bullying verbal, semakin rendah harga diri dan kontrol sosial maka semakin tinggi kecenderungan perilaku bullying verbal. Adanya penelitian ini diharapkan kepada pihak sekolah untuk membantu siswa dalam meningkatkan harga diri dan kontrol sosial sehingga dapat terhindar dari kecenderungan perilaku bullying verbal.
Santrock, Jhon W. 2007. Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Undang-Undang RI No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). (online) [dari http://www.kpai.go.id/hukum/undang-undang-uu-ri-no-23-tahun-2002-tentang-perlindungan-anak/ diakses pada Februari 2018]
Vintyana, Serafika Rizka. 2015. Hubungan antara Harga Diri dan Kecenderungan Perilaku Bullying pada Siswa SMP Kristen 1 Magelang. Skripsi Publikasi. Salatiga: Program Studi Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Kristen Satya Wacana. (online) [dari http://journal.ums.ac.id-article-download diakses pada 15 Oktober 2017]