HUBUNGAN PENGGUNA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DAN PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA KELAS XI DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada hubungan antara pengguna media sosial instagam dan pergaulan teman sebaya secara bersama -sama dengan motivasi belajar pada kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat korelasional (hubungan) dan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantititatif dengan jenis-jenis penelitian yang dipakai adalah kolerasi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penarikan sample dengan cara random sampling mengambil sample secara bebas setiap kelas. Teknik analisis data menggunakan Uji-T dan hasil penelitian yan di temukan adalah terdapat hubungan antara pengguna media sosial instagram dengan motivasi belajar, kemudian terdapat hubungan antara pergaulan teman sebaya dengan motivasi belajar, dan terdapat hubungan pengguna media sosial instgram dan pergaulan teman sebaya terhadap motivasi belajar pada kelas XI di SMA Negeri 12 Banjarmasin.
Full Text:
PDFReferences
Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial.Bandung: Alfabeta.
Sani, Abdullah Ridwan. 2014. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Zuhaida. 2011. Menjadi teman baik. Jakarta: PT Rakasta Samasta.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.2.1525
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia