STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXT, INPUT, PROCESS AND PRODUCT CIPP PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 3 BANJARMASIN
Abstract
Fenomena yang di teliti adalah gambaran pelaksanaan bimbingan karir
pada siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran context, input, process and
product, evaluation pada pelaksanaan program bimbingan karir dari guru BK
yang ada di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan
penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan model
yang digunakan adalah evaluasi CIPP. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah dokumentasi, angket, wawancara dan observasi
serta teknik analisis data berupa trianggulasi sumber dan teknik. Sampel
yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah guru BK, kepala sekolah dan siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitilldi SMA Negeri 3
Banjarmasin dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan karir kepada
siswa kelas XII sudah berjalan dengan cukup baik sesuai dengan program yang
sudah dibuat oleh guru BK, akan tetapi dalam pembuatan program lebih baiknya
lagi guru BK agar dapat berkoordinasi dengan jajaran stakeholder yang ada di
sekolah agar program yang dibuat menjadi lebih baik lagi sesuai dengan tujuan
yang ingin dicapai sebelumnya. Saran yang diberikan-kepada seluruh pihak
yang terlibat dalam pelaksanaan bimbingan karir yaitu agar dapat
mendukung dan membantu dalam meningkatkan pelaksanaan bimbingan karir
untuk membantu memenuhi kebutuhan karir peserta didik.
pada siswa kelas XII di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran context, input, process and
product, evaluation pada pelaksanaan program bimbingan karir dari guru BK
yang ada di SMA Negeri 3 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan
penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan model
yang digunakan adalah evaluasi CIPP. Teknik yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah dokumentasi, angket, wawancara dan observasi
serta teknik analisis data berupa trianggulasi sumber dan teknik. Sampel
yang menjadi sumber data pada penelitian ini adalah guru BK, kepala sekolah dan siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penelitilldi SMA Negeri 3
Banjarmasin dapat disimpulkan bahwa pemberian bimbingan karir kepada
siswa kelas XII sudah berjalan dengan cukup baik sesuai dengan program yang
sudah dibuat oleh guru BK, akan tetapi dalam pembuatan program lebih baiknya
lagi guru BK agar dapat berkoordinasi dengan jajaran stakeholder yang ada di
sekolah agar program yang dibuat menjadi lebih baik lagi sesuai dengan tujuan
yang ingin dicapai sebelumnya. Saran yang diberikan-kepada seluruh pihak
yang terlibat dalam pelaksanaan bimbingan karir yaitu agar dapat
mendukung dan membantu dalam meningkatkan pelaksanaan bimbingan karir
untuk membantu memenuhi kebutuhan karir peserta didik.
Full Text:
PDFReferences
Daryanto, Farid, M. (2015). Bimbingan Konseling Panduan Guru BK dan
Guru Umum. Yogyakarta: Gava Media.
Rusdiana. 2017. Manajemen Evaluasi Program Pendidikan. Bandung: CV
Pustaka Setia.
Suriansyah, Ahmad., Ahmad, Aslamiah., & Sulistiyana. 2015. Profesi
Kependidikan “Perspektif GurupProfesional”. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.3.1528
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia