EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 5 BANJARMASIN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komunikasi interpersonal pada siswa sebelum dan sesudah diberikannya teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMAN 5 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen design dengan menggunakan bentuk intact-groupp comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 5 Banjarmasin. Sampel penelitian diperoleh dari angket dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 14 orang. Instrument pengumpulan data berupa skala pengukuran komunikasi interpersonal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T menunjukan bahwa thit > ttab yaitu 15.33 >2.178. Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ho ditolakkdan Ha diterima yang berarti teknik brainstorming dalam layanan bimbingan kelompok efektif terhadap komunikasi interpersonal pada siswa yang ditandai dengan adanya peningkatan komunikasi interpersonal sebelum dan sesudah diberikan teknik brainstorming dalam layanan bimbingannkelompok.
Full Text:
PDFReferences
Daryanto & Farid, Mohammad. 2015. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Gava Media
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. 2016. Panduan operasional penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fijriani & Amaliawati, Rediska. 2017. Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling Vol. 1 No. 1. Dari https://ejournal-bk.unindra.ac.id/index.php/teraputik/
Lianasari, Dewi. 2016. Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa SMA. Tesis tidak diterbitkan, Semarang: Program Pascasarjana Prodi BK UNNES.
Nurihsan, Achmad Juntika. 2012. Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Refika Aditama
Putman, Vicky L. & Paulus, Paul B. 2009. Brainstorming Rules and Decision Making. Journal of Creative Behavior Vol. 43 No. 1. Dari https://doi.org/10.1002/j.2162-6057.2009.tb01304.x
Suranto, Aw. 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.4.1532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia