EFEKTIVITAS TEKNIK SELF TALK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PUBLIC SPEAKING PADA SISWA KELAS X JURUSAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
Abstract
Rendahnya kemampuan public speaking yang dimiliki oleh siswa menengah kejuruan menjadi permasalahan pada saat menjalani program magang. Adapun penelitian ini bertujuan untukk mengetahui gambarann sebelum dan sesudahh pemberian teknik self talk serta mengetahui keefektifitasan teknik self talk untuk meningkatkan kemampuan public speaking melalui layanan konseling kelompok. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, dengan penelitian eksperimen dan rancangan penelitian menggunakan pre-eksperimental design dalam bentuk Intec-Group Comparation. Adapunn populasii pada penelitiann ini sebanyak 35 siswa dan sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 8 siswa yang di pilih melalui angket skala likert dan pedoman public speaking sebagai bahan pendukung dalam penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran sebelum pemberian teknik self talk pada siswa sebesar 59,37% dan sesudah pemberian teknik self talk pada siswa sebesar 66.09%, serta untuk teknik self talk menunjukan bahwa efektif untuk meningkatkan kemampuan public speaking dengan nilai thitung (3,890) > ttabel (2,446) yang berarti hasil H0 ditolak dan Ha diterima.
Full Text:
PDFReferences
Indraharsani & Budisetyani, W. Efektivitas Self Talk Positive untuk Meningkatkan Performa Atlet Basket. Jurnal Psikologi Udayana.4 (2), 367-378.
Dewi, Fitriana Utami. 2016. Publicc Speaking Kuncii Sukses Bicara di Depan Umum Teori & Praktik. Yogyakarta: Pustakaa Pelajar.
Erford, Bradley T. 2017. 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor Edisi Kedua. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetijipto & Sri Mulyani Soejipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Handayani, Deasy & Sri Setiawati. 2015. Hubungann Mengikutii Mataa Kuliah Publicc Speakingg dengan Kepercayaan Dirii Berbicaraa Mahasiswa. Prosidingg Penelitian Sivitass Akademika Unisba.2(2), 405.
Indryastuti W. A. 2016. Efektivitas Positif Self Talk terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP. E-Jurnal Bimbingan dan Konseling.12 (5), 544-556. DDari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/.../5992.
Mustamu, Ronny. 2012. Menjadi Pembicara Publik Andal: Fenomena Public Speaker, Antara Kebutuhan dan Tren. Jurnal Komunikasi Islam, 2(2), 210. Dari https:// repository.petra.ac.id/16397/1/Publikasi1_93018_972.pdf.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.4.1533
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia