EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SHAPPING UNTUKgMENINGKATKANkPERILAKU6PROSOSIAL SISWAkKELAS IX DI SMP NEGERI021 BANJARMASIN

Rahmi Afriyani

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah efektivitas konseling kelompok dengan menggunakan teknik shapping dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa di SMP Negeri 21 Banjarmasin. Jenis yang dipakai dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di SMPN 21 Banjarmasin sebanyak 160 siswa sedangkan sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 8 siswa yang mana memiliki perilaku prososial yang rendah. Instrument yang digunakan berupa angket sebagai data utama sedangkan wawancara dan observasi sebagai data pendukung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat peningkatan perilaku prososial siswa secara signifikan setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan tekniki shapping yang sebelumnya nilai rata-rata siswa kelompok treatmen sebelum diberikan layanan 21,04% sedangkan setelah diberikan layanan meningkat menjadi 73,34%. 2) terdapat peningkatan perilaku prososial siswa kelompok kontrol namun tidak signifikan nilai rata-rata siswa kelompok kontrol sebelum diberikan layanan 47,67% sedangkan setelah diberikan layanan meningkat menjadi 49,99%. 3) teknik shapping dalam layanan konseling kelompok efektif untukk meningkatkan perilaku prososial pada siswa kelas IX di SMPN 21 Banjarmasin.


Full Text:

PDF

References


Adhiputra, Ngurah. 2015. Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Adhiputra, Ngurah. 2015. Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Dayakisni & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang Press

Hasnida, Namora Lumangga Lubis. Konseling Kelompok Jakarta: Kencana, 2016.

Kusumaningrum, Intan. (2014). Meningkatkan perilaku prososial rendah melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama pada siswa kelas VII SMP Negeri 21

Latipun, 2008. Psikologi Eksperimen. Malang: UMM Press.

Nashori Fuaad, 2008. Psikologi Sosial Islami, Jakarta: PT Refika Aditama

Putri, Irma. 2015 Perilaku Prososial Pada Siswa Smp Islam Plus Assalamah Ungaran Semarang Ditinjau Dari Empati Dan Dukungan Sosial Teman Sebaya (online) http://garuda.ristekdikti.go.id/documents/detail/846627 (Di akses 27 Agustus 2019)

Rahman, Agus Abdul. 2013. Psikologi Sosial: Integrasi Pengetahuan Wahyu dan Pengetahuan Empirik. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2019.2.4.1535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats