EFEKTIVITAS TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENGURANGI KONFORMITAS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 9 BANJARMASIN

Aida Aida

Abstract


Dalam ruang lingkup pergaulan teman sebaya tidak terlepas dari adanya pengaruh sosial. Pengaruh sosial yang terjadi bisa berbentuk positif dan negatif. Peserta didik yang ada dalam pengaruh sosial positif dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, sebaliknya peserta didik yang ada dalam pengaruh sosial negatif akan mengalami hambatan dalam perkembangan pribadi, sosial, karir dan belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran konformitas siswa sebelum, sesudah, dan pada saat diberikannya konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training. Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok dengan menggunakan teknik assertive training dalam mengurangi konformitas pada siswa kelas VIII SMPN 9 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pre-eksperimen desain dengan menggunakan bentuk intact-group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 9 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 242 orang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang. Instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran konformitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pegujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T-test yang menunjukan bahwa thit > ttab yaitu 7,80 > 2,729. Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok efektif terhadap penurunan konformitas siswa yang ditandai dengan adanya penurunan persentase skala konformitas sebelum dan sesudah diberikan teknik assertive training dalam layanan konseling kelompok.

Full Text:

PDF

References


Adhiputra, Ngurah. 2015. Konseling Kelompok Perspektif Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Media Akademi.

Dewi, Candra. 2016. Keefektifan KonselingpBehavior Dengan TeknikmAssertive Untuk Mengurangi PerilakudKonformitas Negatif Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Islam NahdlatutusysubbangDemak Tahun Pelajaran 2015/2016. Skiripsi. UNNES.

Indrawati, Endang. 2017. Buku Ajar Psikologi Sosial. Yogyakarta: Psikosain

Kulsum, Umi & Mohammad Jauhar.2014. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta.

Mercer, Jerney & Debbie Clayton. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Erlangga

Meinarno, Eko & Sarlinto Sarwono. 2018. Psikologi Sosial Edisi 2. Jakarta: Salemba Humanika.

Sunarto & Hartono Agung. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Remaaj Rosdakarya.

Papalia, Diana E. & Dkk. 2011. Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta: Prenada Media Group.

Purwanta, Edi. 2012. Modifikasi Perilaku Alternatif Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.1.1583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats