EFEKTIVITAS PENDEKATAN KONSELING REALITAS DALAM MENGATASI KONSEP DIRI NEGATIF PADA SISWA BROKEN HOME KELAS VIII DI MTS INAYATUTHTHALIBIN BANJARMASIN

Ridha Fauziatil Hasanah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui gambaran konsep diri negatif pada siswa broken home kelas VIII di MTs Inayatuththalibin Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikan pendekatan konseling realitas. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling realitas dalam mengatasi konsep diri negatif pada siswa broken home kelas VIII di MTs Inayatuththalibin Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif jeniss penelitian eksperimen dengan menggunakan desain single subject resach (SSR) atau yang sering disebut eksperimen kasus tunggal. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Inayatuththalibin Banjarmasin. Sampel penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan angket sebagai data pendukung dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah satu orang. Instrument yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa “Panduan Pendekatan Konseling Realitas Dalam Mengatasi Konsep Diri Negatif Pada Siswa Kelas VIII di MTs Inayatuththalibin Banjarmasin”. Kesiimpulan dari hasil pengamatan dan analisis data dari kegiatan penelitian adalah sebagai berikut: 1) siswa berlatar belakang broken home sebelum diberikan pendekatan konseling realitas memiliki konsep diri negatif. 2) setelah diberikan perlakuan konseli mampu mengatasi atau mengurangi konsep diri negatif yang ada pada dirinya pada mulanya ragu dalam mengambil keputusan dan bertindak, tidak percaya pada kemampuan diri sendiri, tidak berani memulai pertemanan, minder berbicara dengan teman sekelas. 3) Pendekatan konseling realitas efektif dalam mengatasi atau mengurangi konsep diri negatif pada siswa broken home.

Full Text:

PDF

References


Corey, Gerald. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy. America: International Typesetting and Composition.

Usman, Dony. 04,02,2018. Remaja Tabalong Nyaris Tawuran, Polisi Temukan Pisau, Clurit dan Parang. Tribun Tabalong.(Online) (http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/02/04/remaja-tabalong-nyaris-tawuran-polisi-temukan-pisau-clurit-dan-parang-beginikronologinya) Di akses pada 10 Oktober 2018.

Latipun. 2015. Psikologi Eksperimen (Volume 3). Malang: UMM Perss.

Melanie D. Murmanto. (2007). Pembentukan Konsep Diri Siswa melalui Pembelajaran Partisipatif (Sebuah Alternatif Pendekatan Pembelajaran di Sekolah Dasar). Jurnal Pendidikan Penabur (No.08/Th.VI). Hlm.b66-74.

Nashshar, F.M. 2009. Memahami Masalah Penyimpangan Sosial. Bandung: PT. Puri Pustaka.

Nelson, Richard & Jones, 2011. Teori dan Praktik Konseling & Terapi (Volume 4). Terjemahkan oleh Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rakhmat, Jalaluddin.m2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setyaaningsih, Tri Septi. 2011. Pendekatan Konseling RealitaidalamiMengubah Konsep Diri Negatif Siswa Broken Home Pada Siswa SMPnNegeri Bantarbolang Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011.mSkripsi tidak diterbitkan. Semarang: FIP UNESA.

Sukardjo & Komarudin, Ukim. 2015. Landasan Pendidikan Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.