STUDI DESKRIPTIF TENTANG PELAKSANAAN PROGRAM FULL DAY SCHOOL DAN IMPLIKASINYA DI SMA NEGERI 6 BANJARMASIN

Riska Rahmina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gambaran pelaksanaan program full day school dan implikasinya untuk semua warga sekolah sebagai bahan informasi untuk guru BK mengetahui lebih dalam implikasi yang dirasakan siswa di SMA Negeri 6 Banjarmasin terhadap program full day school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang dipakai ialah studi deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 6 Banjarmasin. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan enam responden, yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran, guru BK, staf TU, siswa, dan orang tua siswa. Sedangkan observasi dilakukan di dalam kelas saat pembelajaran berlangsung untuk mengamati guru mata pelajaran dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan prosedur pelaksanaan program full day school di SMAN 6 Banjarmasin lebih menekankan kegiatan keagamaan siswa dengan mengaji untuk siswa muslim dan membaca kitab untuk siswa nonmuslim sekitar 15 menit saat jam pertama. Pelaksanaan program full day school di SMAN 6 Banjarmasin sudah berjalan sesuai harapan, dan masing-masing pihak memiliki dampak tersendiri dari pelaksanaan full day school. Saran untuk beberapa pihak, yaitu untuk kepala sekolah agar dapat mengupayakan tersedianya sarana dan prasarana sekolah, untuk guru mata pelajaran agar dapat lebih peka lagi melihat situasi dan kondisi siswa jika ingin melakukan pembelajaran di kelas, untuk guru BK agar dapat memaksimalkan layanan orientasi siswa terumata terkait program full day school, untuk  siswa agar dapat menanggapi dengan positif program full day school yang diterapkan sekolah, untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat menambah informasi dan wawasan, dan terakhir saran untuk FKIP ULM diharapkan dapat menjadi pengembangan ilmu pengetahuan.

Full Text:

PDF

References


Annisa, Nurul Azizah. (2014). Program Full Day School dalam Pengembangan Kemandirian Siswa Kelas IV di SDIT Insan Utama Bantul Tahun Ajaran 2013/2014. S1. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: UNY.

Asmani, Jamal Ma’mur. 2017. Full Day School Konsep Manajemen dan Quality Control. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Baharuddin. 2017. Pendidikan dan Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Desi, Sandra (2018. 24 September) Ealah, Masih Ada Pr Di Full Day School, (online) Tersedia https://radarmalang.id/ealah-masih-ada-pr-di-full-day-school/ (diakses 27 Oktober 2018).

Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, Yeni Intan Kusuma. 2018. Pola Pembelajaran Full Day School di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2017/2018. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Darmadi, Hamid. 2014. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta

Farozin, Muh. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA), Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan 2016.

Khairudin, dkk. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Jogjakarta: Pilar Media.

Sa‘ud, Udin Syaefudin dan Abin Syamsudin Makmun. 2014. Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.