UPAYA MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA DENGAN TEKNIK KARYAWISATA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING ANGKATAN 2017 FKIP ULM

Maulida Maulida

Abstract


Minat berwirausaha adalah suatu kondisi dimana seseorang tertarik perhatiannya dan terdorong untuk mempelajari atau melakukan suatu kegiatan bidang wirausaha yang berpeluang sebagai usaha untuk kemajuan pribadi dan masyarakat. Hasil wawancara dengan mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Bimbingan Konseling FKIP ULM diketahui bahwa masih terdapat mahasiswa yang tidak memiliki pengetahuan dan tidak ada keinginan untuk mencari tahu tentang dunia wirausaha, kurangnya kesadaran untuk memberdayakan bakat dan kemampuan yang dimiliki dibidang wirausaha, serta lebih tertarik menjadi seorang karyawan atau pegawai. Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Rancangan penelitian menggunakan model John Elliot dengan teknik purposive sampling untuk penarikan sampel. Sampel berjumlah 6 dari populasi 68 orang mahasiswa, dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahap (perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi). Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keberhasilan aktivitas peneliti dalam pelaksanaan teknik karyawisata untuk meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa mengalami peningkatan dari jumlah skor yang diperoleh. Pada aktivitas peneliti mendapatkan skor 55 persentase 85,9% dengan kategori sangat baik. Sedangkan pada peningkatan minat berwirausaha mahasiswa memperoleh skor 93 persentase 96,88% dalam kategori “sangat berhasil” dan mencapai indikator keberhasilan yaitu memiliki rasa ingin tahu, perasaan senang, perhatian, dan tertarik pada bidang wirausaha. Dari hasil data diatas maka dapat disimpulkan bahwa teknik karyawisata dapat meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2007. Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta.

Ginting, M. yuliawan, E. 2015. Analisis Faktor - faktor yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Mahasiswa (Studi Kasus pada STMIK Mikroskil Medan). Jurnali Wira Ekonomi Mikroskil. 5 (01). Tersedia https://media.neliti.com/media/publications/24392-ID-analisis-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-minat-berwirausaha-mahasiswa-studi-kasu.pdf (diakses pada tanggal 06 November 2019)

Isjoni. 2014. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenada Media

Maharani, Esthi, Online (2018, 30 oktober). Minat Mahasiswa Berwirausaha rendah (online). Tersedia https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/trend/18/07/17/pc01eh335-minat-mahasiswa-berwirausaha-rendah

Nastuti dan Lelfita. 2017. Faktor Penyebab Rendahnya Minat Mahasiswa STKIP YDB Ladalam Mengembangkan Kewirausahaan Terhadap Pengurangan Pengangguran. Jurnal Humaniora. 01 (01). Tersedia https://www.umpwr.ac.id/prosiding/index.php/bahtera/article/viewFile/4/3 (diakses pada tanggal 07 November 2019)

Permatasari, Nina dkk. 2016. Keefektifan Model Konseling Trait And Faktor Untuk Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 5 Banjarmasin. Jurnal Bimbingan dan Konseling Fitrah 1 (1): 34.

Prayitno, Erman Amti. 2015. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Riyanto, dkk. 2013. Penggunaan Metode Karyawisata Dalam Upaya Peningkatan Pembelajaran PKN Siswa Kelas IV SD Negeri Sumurarum. Forum Penelitian, 1 (1): 1-8.

Saiman, Leonardus. 2015. Kewirausahaan (Teori, Praktik, dan kasus-kasus) Edisi 2. Jakarta: Salemba Empat

Setiowati, Gilang R., Online (2018, 30 oktober). Menumbuhkan wirausahawan Muda Indonesia dengan Pendidikan Wirausaha Terintegratif (online). Tersedia https://edukasi.kompas.com/read/2018/08/02/16545461/dsc-2018-dan-upaya-memacu-tumbuhnya-wirausahawan-muda-indonesia (diakses tanggal 30 oktober 2018)

Sutanto, M.A. 2017. Perbedaan Metode Karyawisata dengan Metode Diskusi Berbantuan Video Terhadap Kemampuan Memahami Siswa Pada Konsep Pemanasan Global. Skripsi diterbitkan [Online], Tersedia http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37705/1/MOH.%20ANDRI%20SUTANTO-FITK (diakses pada 22 November 2019).

Tohirin. 2013. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi) Edisi Revisi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada


Refbacks

  • There are currently no refbacks.