KONTRIBUSI SELF CONTROL DAN KECANDUAN GAME ONLINE TERHADAP PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI DI SMK ISFI BANJARMASIN

Siti Rahmah Puji Astuti

Abstract


Kebiasaan bermain game online yang tidak disertai dengan self control yang baik akan menyebabkan masalah prokrastinasi akademik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kontribusi antara self control dan kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik siswa kelas XI di SMK ISFI Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan teknik penarikan sampel dengan cara sampel jenuh yaitu semua populasi dijadikan samapel. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, dan regresi liniear berganda. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMK ISFI Banjarmasin, siswa kelas XI memiliki self control dalam kategori rendah, sedangkan pada kecanduan game online dalam kategori sedang, dan pada prokrastinasi akademik dalam kategori sedang. Hasil penelitian diperoleh sig 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 26,939 > Ftabel 3,08. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kontribusi secara simultan atau bersama antara variabel self control dan kecanduan game online terhadap prokrastinasi akademik.

Full Text:

PDF

References


Aini, A. N., & Mahardayani, I. H. (2011). Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Jurnal Psikologi Pitutur Volume I, No 2, Juni 2011. Dari https://jurnal.umk.ac.id (Diakses pada 15 September 2018)

Angela. (2013). Ejournal Ilmu Komunikasi, Volume 1, Nomor 2, 532-544.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Astuti, Ariadne Noven Ginanjar. 2015. Hubungan Antara Inferioritas dan Perilaku Bullying Remaja di SMP Pangudi Luhur St. Vincentius Sedayu. Skripsi diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Erhamwilda. (2015). Konseling Sebaya. Yogyakarta: Media Akademi.

Ghufron, M. (2011). Teori-teori Psikologi. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Kurniawan, D. E. (2017). Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 3 No. 1 (Januari-Juni 2017). Dari https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/1120 (Diakses pada 15 September 2018)

Margono, S. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurmalina, D. (2013). Kontribusi Antara Kontrol Diri Dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Aktualisasi Diri Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Skripsi diterbitkan.

Prasetyo, B., & Jannah, L. M. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sarwono, S. W. (2015). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.