EFEKTIVITAS TEKNIK PENGKONDISIAN AVERSI DALAM MEREDUKSI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XI SMAN 3 BANJARMASIN

Ermina Putri Handayani

Abstract


Tujuan penelitian untuk mereduksi kecanduan game online menggunakan teknik Pengkondisian Aversi. Penelitian ini mengunakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Design dalam bentuk Non-Equivalent Control Group Design. Subjek berjumlah 4 orang siswa, yaitu 2 orang untuk kelompok eksperimen dan 2 orang untuk kelompok kontrol yang diambil berdasarkan hasil angket kecanduan game online dalam kategori tinggi. Hasil menunjukkan persentase rata-rata pre-test kecanduan game online sebesar 72,54% kategori tinggi sedangkan hasil persentase rata-rata post-test sebesar 58,74% kategori sedang. Pengujian perbedaan kecanduan game online siswa sebelum dengan sesudah diberikan layanan konseling individual dengan teknik pengkondisian aversi menggunakan rumus t-test. Hasil t-test menunjukkan bahwa t_hit>t_tab (23,11>9,925) yang artinya konseling individual dengan teknik pengkondisian aversi efektif dalam mereduksi kecanduan game online pada siswa kelas XI SMAN 3 Banjarmasin. Penelitian ini bermanfaat bagi guru bimbingan dan konseling sebagai bahan pertimbangan dalam mereduksi kecanduan game online melalui layanan konseling individual dengan teknik pengkondisian aversi sehingga dapat diterapkan dalam menangani masalah kecanduan game online pada siswa.

Full Text:

PDF

References


Al-Munajjid, Muhammad Shalih. 2016. Bahaya Game. Terjemahan oleh Putri Aria Miranda, Solo: Aqwam Media Profetika.

Corey, Gerald. 2013. Teori dan Praktek konseling & Psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koswara. Bandung: Refika Aditama.

Fiah, Rifda El. 2017. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Kuss, Daria J dan Mark D Griffiths. 2012, Internet and Gaming Addiction: A Systematic Literature Review Of Neuroimaging Studies. Journal Brainsci, 2(1), 348. Dari https://www.researchgate.net/publication/232708786 Internet_and_Gaming_Addiction_A_Systematic_Literature_Review_of_Neuroimaging_Studies.

Masyita, Alfin Reza. 2016. Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Kecanduan Game Online Pada Pemain Dota 2 Malang. Skripsi diterbitkan. Bogor: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/25363/20/SKRIPSI%20%28TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%29.pdf ), diakses 27Agustus 2018

Meyriana, Alfrin. 27 desember, 2017, Headline: Candu Gim Online Lebih Bahaya dari Narkoba. Liputan6.com, Dari https://www.liputan6.com/news/read/3197538/headline-candu-gim-online-lebih-bahaya-dari-narkoba , Diakses 3 september 2018.

Prasetyo, Bambang & Lina Miftahul Jannah. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sartita, Nova dkk. 2018. Pengaruh Pengkondisian Aversi Terhadap Kecanduan Bermain Gadget Pada Siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal JOM FKIP, 5(1), 1‾12 (Online) (http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/download/20358/19691)

Young, Kimberly S & Cristiano Nabuco De Abreu. 2017. Kecanduan Internet: Panduan Konseling dan Petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganan. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.