HUBUNGAN ANTARA INTENSITAS PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAPiKOMUNIKASI INTERPERSONALiSISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 11 BANJARMASIN

Muhammad Taufik Rizky

Abstract


Smartphone yang digunakan individu dalam intensitas yang tinggi baik dari segi frekuensi maupun durasi disertai dengan kepercayaansdiri yangirendah akan membuat kemampuanWkomunikasi interpersonalnya cenderung tidak baik. Penelitian ini bertujuansuntuk mengetahui hubungan antara intensitasipenggunaan smartphone dan kepercayaan diri secara bersama – sama terhadap komunikasi interpersonal padassiswa kelas IX di SMPsNegeri 11sBanjarmasin. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat korelasional dan metode penelitian yang digunakan adalahskuantitatif dengan menggunakan teknikspenarikan sampel yangidigunakan yaitu cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IX di SMPhNegeri 11 Banjarmasin dengan jumlah 80 orang. Sedangkan instrumen dalam penelitianwini adalah angket dengan pengukuran skalakLikert. Teknik analisis data menggunakansUji - F. Berdasarkan hasil analisis. Ditemukan bahwa adanya hubungan antaraivariabel X1 dan variabel X2 secaraibersama-sama terhadap variabelY dari F hitung taraf signifikan 16.607 dan karenasprobabilitas (0.000) jauh lebih kecil dari F tabel sebesar 0.05. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel intensitas penggunaan smartphone dan kepercayaan diri memiliki hubungan secara bersama-sama dengan variabel komunikasi interpersonal sebesar 0.582 berdasarkan perhitungan menggunakan rumus korelasiuproduct moment. Makaghipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan adanya hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap komunikasi interpersonal pada siswa kelasLIXLdi SMP Negeri 11 Banjarmasin dapatiditerima, sedangkan H0 ditolak.

Full Text:

PDF

References


Afudin, Yusuf. 2017. Dampak Penggunaan "Smatphone" Terhadap Pola Komunikasi Sekarang, (online), tersedia https://www.kompasiana.com/afudinz/5a1cfb54a1ea3d02c0583802/dampak-penggunaan-smatphone-terhadap-pola-komunikasi-sekarang. Diakses Februari 2019.

Cangara, Hafied. 2012. PengantariIlmu Komunikasi. Jakarta: RAJAGRAFINDO PERSADA.

Fatimah, Enung. 2010. PsikologikPerkembangan. Bandung: CV PustakaiSetia.

Ghufron, Nur M. & SzRisnawita Rina, 2010. Teori TeoriIPsikologi. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Gifary, Sharen & Iis Kurnia N. 2015.ZIntensitas PenggunaanUSmartphone Terhadap PerilakuzKomunikasi. Jurnal Sosioteknologi 14 (2), 174. Dari https://media.neliti.com/media/publications/41719-ID-intensitas-penggunaan-smartphone-dan-perilaku-komunikasi-studi-pada-pengguna-sma.pdf. Diakses Februari 2019.

Khairani, Makmum. 2015. Psikologi Komunikasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta. Aswaja Pressindo.

Maulana, Herdiyan & GumgumZGumelar. 2013.LPsikologi KomunikasiZdan Persuasi.sJakarta: AkademiaiPermata.

Nurudin. 2017.NPerkembangan Teknologi Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ratuliu, Mona. 2018. Digital Parenthink. Jakarta: PT Mizan Publika.

Thoha, Miftah. 2013.Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja GrafindoiPersada.

Wijarnako, Jarot dan Ester Setiawati.2016.Ayah baik-Ibu baik (ParentingzEra Digital). Jakarta: Keluarga Indonesia Bahagia.

Young, Kimberly S. dan Abreu, Cristiano Nabuco de. 2017. Kecanduan Internet Panduan Konseling dan petunjuk untuk Evaluasi dan Penanganan. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto. Tanpa Tahun. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.