Efektivitas Teknik Sosiodrama Melalui Layanan Bimbingan Kelompok untuk Mengurangi Prasangka Sosial pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin

Khansa Nisrina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran prasangka sosial pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin sebelum dan sesudah diberikannya teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas teknik sosiodrama untuk mengurangi prasangka sosial pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan bentuk Intac group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari angket dan kriteria inklusi dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 10 orang. Instrument penelitan yang digunakan adalah bahan perlakuan berupa “Teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi prasangka sosial pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 banjarmasin”. Berdasarkan hasil t-test, menunjukkan bahwa thit > ttab (11,75 > 2,306 dengan probabilitas kesalahan 0.05 atau 5%) dengan hasil kesimpulan yaitu bahwa adanya perbedaan tingkat prasangka sosial sebelum dan sesudah diberikan teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok efektif untuk mengurangi prasangka sosial yang ditandai dengan menurunnya skor nilai persentase pada siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Banjarmasin.

Full Text:

PDF

References


Adelina, Femita, dkk. 2017. Hubungan Antara Prasangka Sosial Dan Intensi Melakukan Diskriminasi Mahasiswa Etnis Jawa Terhadap Mahasiswa Yang Berasal Dari Nusa Tenggara Timur. Jurnal Sains Psikologi. (1) dari http://journal2.um.ac.id/index.php/JSPsi/article/view/949

Ahmadi, Abu. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta

Hartinah, Sitti. 2009. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Kulsum, Umi dan Mohammad Jauhar. 2016. Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustakaraya

Kinasih, Mustika. 2016. Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Interaksi sosial siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Lubis, Aisyah. 2017. Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA Di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah BK. 1(1), 7ˉ 9. Dari https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia/article/view/3982

Shalahuddin, Mahfudh & Suyanto. 2014. Layanan Bimbingan Kelompok Melalui Teknik sosiodrama Untuk Membantu Siswa Terisolasi di SMPN 13 Surabaya. Jurnal Kependidikan Islam, 4(1),10ˉ 15. Dari http://jurnalki.uinsby.ac.id/index.php/jurnalki/article/view/14/9

Siregar, Marabonggala Mukafih. 2014 Penerapan Metode sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa Kelas VII SMPN 5 Depok Sleman Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Yulijar, Rismananda. 2018. Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik sosiodrama Dalam Emningkatkan Perilaku Etik Siswa SMPN 4 Banda aceh. Skripsi. Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.4.2495

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats