Upaya Mengurangi Perilaku Agresi Menggunakan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 25 Banjarmasin

Nur Annisa Pebriana

Abstract


Penelitian ini berdasarkan atas fenomena yang terjadi dilapangan yang menunjukan gejala-gejala perilaku agresi kelas IX SMP Negeri 25 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil pelaksanaan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresi siswa. Peneliti ini merupakan penelitian tindakan (Action Research) dan dilaksanakan dalam empat siklus. Satu siklus terdiri dari tahapan perencanaaan, pelaksanaan tindakan, pengamaatan (observasi daan evaluasi) dan refleksi. Subjek peneliti adalah siswa kelas IX yaang berjumlah 6 orang siswa. Objek peneliti ini adalah penurunan perilaku agresi menggunakan teknik role playing dalam bimbingan kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2019. Hasil penelitian ini menunjukan, aktivitas peneliti meningkat setiap siklusnya hingga mencapai indikator keberhasilan “sangat baik” dengan skor 77, aktivitas siswa juga meningkat setiap siklusnya mencapai indikator keberhasilan “sangat aktif” dengan skor 73. Serta hasil dalam pelaksanaan teknik role playing melalui bimbingan kelompok untuk mengurangi perilaku agresi siswa mengalami penurunan di setiap siklus mencapai indikator keberhasilan “sangat berhasil” dengan skor 77.


Full Text:

PDF

References


Erford, Bradley T. 2016. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Terjemahan Oleh Helly Prajitno Soetijipto & Sri Mulyantini Soetijipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herlina, Uray. 2015. Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok. Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1) 1-12 (file:///C:/Users/ASUS/AppData/Local/Temp/55-276-1-PB.pdf diakses 2 November 2018).

Indriyani, Septia. 2017. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini di Raudatul Athfal Daarul Ilmi Korpri Raya Sukarame BandarLampung. Skripsi tidak diterbitkan, Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN).

Khairina. 2018. Efektivitas Role Playing Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Anak dengan Gangguan Perilaku. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus. (http://103.216.87.80/index.php/jupekhu/article/download/101677/100636 diakses 30 januari 2020).

Nur, Yun, dkk. 2016. Upaya Mengurangi Perilaku Agresif Non-Verbal dengan Menggunakan Teknik Role Playing Pada Siswa kelasa VIII SMP Negeri 2 Palu. Jurnal Konseling dan psikoedukasi, 1(1) (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKP/article/download/6259/4965 diakses pada 30 Januari 2020).

Sayondari, Putu Nopi. 2014. Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1) 1-11 (https://media.neliti.com/media/publications/247261-penerapan-bimbingan-kelompok-dengan-tekn-6485fbc0.pdf diakses 2 November 2018).

Willis, Sofyan S. 2014. Remaja & Masalahnya Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Narkoba, Free Sex dan Pemecahannya. Bandung: CV. Alfabeta.

Willis, Sofyan S. 2014. Remaja & Masalahnya Mengupas Berbagai Bentuk Kenakalan Remaja Narkoba, Free Sex dan Pemecahannya. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2020.3.4.2496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats