Evaluasi Pelaksanaan Layanan Konseling Individual Menggunakan Model Context, Input, Process And Product (CIPP) di SMP Negeri 6 Banjarmasin.
Abstract
Fenomena akan di teliti adalah gambaran tentang pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui bagaimana gambaran tentang context, input, process dan product pada pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian evaluasi. Model evaluasi yang akan digunakan ialah model Conteks, Input, process dan Product (CIPP). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Banjarmasin. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data ialah dokumentasi, angket dan wawancara serta teknik analisis data berupa trianggulasi sumber dan teknik. Sampel yang menjadi sumber data pada penelitian ini yaitu guru BK, Kepala Sekolah dan Siswa. Hasil penelitian pelaksanaan layanan konseling individual di SMP Negeri 6 Banjarmasin pada komponen evaluasi Conteks tentang latar belakang perlunya pelaksanaan sudah terlaksana dengan baik dan perencanaannya sudah termasuk dalam kategori baik. Pada komponen Input mengenai rancangan perencanaan pelaksanaan sudah baik. Pada komponen Process mengenai penilaian pelaksanaan efektif. Komponen evaluasi Product dapat disimpulkan peserta didik mendapatkan bantuan yang diperlukan serta terjadi perubahan kearah yang positif sudah baik. Dari keempat komponen tersebut dapat disimpulkan pada evaluasi Conteks, Input, process dan Product (CIPP) sudah berjalan dengan baik dan efektif. Untuk guru bimbingan konseling diharapkan selalu mengevaluasi pelaksanaan layanan khususnya konseling individual yang dijalankan dan dapat mempertimbangkan model evaluasi Conteks, Input, proces dan Product (CIPP) untuk mengevaluasi pelaksanaan layanan konseling individual karena model ini cukup mudah dilaksanakan dalam memberikan gambaran yang jelas tentang hasil dari pelaksanaan yang sudah dijalankan.
Full Text:
PDFReferences
Badrujaman, Aip. 2014. Teori dan Aplikasi Evaluasi Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks
Daryanto, H. 2014. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hikmawati, Fenti. 2012 Bimbingan Konseling. Jakarta: rajawali Pers.
Hastuti, Endah Wati. 2016. Evaluasi Program Peminatan Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Magelang (Kajian Model Evaluasi Cipp). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FIP UNNES
Kadarwati, A. M. Dantes, N, & Arya Sunu, I. G. (2014). Studi Evaluasi Pelaksanaan Bimbingan Konseling di SMP Cipta Dharma Denpasar Ditinjau dari PP No 27 Tahun 2008. Singaraja (Universitas Pendidikan Ganesha).
LN, Syamsu Yusuf. 2016. Konseling Individual Konsep Dasar & Pendekatan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Mulyatiningsih Endang. 2014, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan, Yogyakarta: ALFABETA
Muryadi Agustina Dwi. (2017), Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah. Vol 1
Sari, N. P. (2017). Career Guidance Service Program's Evaluation on SMK Negeri 4 Banjarmasin. Career Guidance Service Program's Evaluation on SMK Negeri 4 Banjarmasin.
Sari, N. P., Akbar, M. R., & Djaali, D. (2017. Evaluation Study to Career Guidance Service-Program of Vocational High Schools in Banjarmasin.
Sukardi. 2015. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sarjilah. (2015). Pengembangan Model Evaluasi Layanan Konseling Individual di SMA.UNY
Tohirin. 2016. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Tim Penyusun Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Pertama (SMP). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Prodi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat (Edisi Revisi). Banjarmasin: tidak diterbitkan.
Tohirin. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.1.2885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia