Efektivitas Teknik Assertive Training dalam Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking pada Siswa Kelas IX B di SMP Negeri 15 Banjarmasin.
Abstract
Public speaking diperlukan untuk melatih siswa agar dapat percaya diri dan mampu berpikir secara kreatif. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan teknik assertive training dalam layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kemampuan public speaking pada siswa. Penelitiannini merupakan penelitian kuantitatiffmenggunakan metode eksperimenndengan rancangan one group pre test-postttest. Teknik pengambilan sampel purposive sampling yang berjumlah 4 orang. Prosedur pelaksanaan menggunakan “Panduan Teknik Assertive Training untuk meningkatkan kemampuan Public Speaking pada siswa kelas IX B di SMP Negeri 15 Banjarmasin” dan instrumenppengumpulan data berupaaskala pengukuran public speaking. Hasil penelitian iniimenunjukkan bahwa teknik assertive training dalam layanannbimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan public speaking, yang ditandai dengannmeningkatnya skor nilai persentaseepada siswa kelas IX B di SMP Negeri 15 Banjarmasin setelahhdilakukan treatment.
Full Text:
PDFReferences
Ghufron, M Nur & Risnawita.2017. Teori-Teori Psikologi.Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lubis, Namora Lumongga & Hasnida. 2016. Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Hartinah, Sitti. 2017. Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.
Nursalim, Mochamad. 2013. Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.
Rahmi, Nurul. 2016. “Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Assertive Training untuk Meningkatkan Kompetensi Interpersonal Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kandangan”. Tarbiyah Islamiyah, 6(1), 62-76. (Dikses dari https://docplayer.info/72014597-Efektivitas-bimbingan-kelompok dengan-teknik-assertive-training-untuk-meningkatkan-kompetensi interpersonal-siswa-kelas-x-sma-negeri-2-kandangan.html).
Sari, Nina Permata, dkk. 2019. Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Public Speaking bagi Konseli/Siswa SMK. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Suriansyah, Ahmad. 2011. Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Syarbini, Amirulloh. 2015. Guru Hebat Indonesia (Rahasia menjadi Guru Hebat dengan Keahlian Public Speaking, Menulis Buku & di Media Massa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Tim Penyusun Kemendikbud. 2016. “Panduan Operasional Penyelenggara Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMP)”. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.1.2886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia