Pengaruh Perilaku Phubbing dan Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa di Jurusan Ilmu Pendidikan ULM
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara perilaku phubbing dan intensitas penggunaan media sosial terhadap interaksi sosial mahasiswa di Jurusan Ilmu Pendidikan ULM. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2018 di Jurusan Ilmu Pendidikan. Adapun teknik penarikan sampel menggunakan quota sampling. Instrumen penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuisioner skala likert. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh antara perilaku phubbing dan intensitas penggunaan media sosial secara bersama-sama terhadap interaksi sosial. Pengaruh X1 dan X2 terhadap Y sebesar 10.8%, sisanya 89.2% dipengaruhi oleh faktor penyebab lainnya.
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro. 2016. Metodologi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Azman. 2018. “Penggunaan Media Massa dan Media Sosial di Kalangan Mahasiswa Komunikasi”. Jurnal Peurawi, 1(1), 1-13. (Diakses dari http://jurnal.ar-raniry.ac.id, [18 September 2019]).
David, Meredith E., & Robert, James A. 2017. “Phubbed and Alone: Phone Snubbing, Social Exclusion,and Attachment to Social Media”. The Association for Consumer Research. 2(2). 155-163. (Diakses dari http://dx.doi.org/10.1086/690940, [18 September 2019]).
Fitri, Sulidar. 2017. “Dampak Positif dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak”. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan pembelajaran. 1(2). 118-123. (Diakses dari http://joural.umtas.ac.id, [20 Agustus 2019]).
Haryanto, Agus Tri. 2019. “Pengguna Internet Indonesia di Dominasi Milenial”. Detik (Online). ( Diakses dari
http://inet.detik.com›telecommunication›pengguna-internet-indonesia, [17 April 2020]).
Hidayat, Dasrun. 2012. Komunikasi Antarpribadi dan Medianya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hikmawati, Fenti. 2019. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.
Mubarok, M. Rois. 2018. “Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Akhlak Siswa Kelas XI MAN 2 Surakarta”. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta. (Diakses dari http://eprints.iain-surkarta.ac.id, [17 Agustus 2019]).
Pahrevi, Dean. 2020. Kasus Bunuh Diri Siswi SMP di Ciracas, Pemerhati Sebut sebagai Bagian dari Dosa Lingkungan. Tribunnews (Online). (Diakses dari
https://www.tribunnews.com/lifestyle/2020/01/23/kasus-bunuh-diri-siswi-smp-di-ciracas-pemerhati-sebut-sebagai-bagian-dari-dosa-lingkungan, [11 April 2020]).
Rachman, Ali. 2016. “Peranan Konselor Sekolah Dalam Meminimalisir Perilaku Bullying Di Sekolah”. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. 2(2). 24-28.
Ridho, M. Ali. 2019. “Interaksi Sosial Pelaku Phubbing”. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Psikologi dan Kesehatan UIN Sunan Ampel. (Diakses dari http://digilib.uinsby.ac.id, [ 15 Agustus 2019]).
Suhada, Idad. 2017. Ilmu Sosial Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.1.2888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia