EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MEMINIMALISIR KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS X DI SMAN 2 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena tingginya kecanduan bermain game online pada siswa. Kecanduan game online merupakan perilaku memainkan permainan melalui internet yang dilakukan berulang-ulang dan sulit untuk diakhiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk meminimalisir kecanduan game online pada siswa kelas X di SMAN 2 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Design penelitian yang digunakan menggunakan pre-experimental designs dengan bentuk pretest-posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan melalui angket kecanduan game online pada populasi yaitu 90 siswa yang berasal dari kelas X Mipa 1, X Ips 2 dan X bahasa sehingga didapatkan 6 siswa sample yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis pre-test dan post-test dengan menggunakan rumus uji mann-whitney u di aplikasi SPSS versi 21 pada table test statistics, baris Mann-Whitney U diperoleh harga U = 0,000 dan nilai pada p-value = 0.050/2 = 0,025 < 0,05 atau Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat dinyatakan terdapat penurunan skor setelah diberikan perlakuan. Sehingga hipotesis yang menyatakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self management efektif untuk meminimalisir kecanduan game online pada siswa kelas X di SMAN 2 Banjarmasin.
Full Text:
PDFReferences
Amin, Zakki Nurul. 2017. Portofolio Teknik-Teknik Konseling (Teori dan Contoh Aplikasi Penerapan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Buletin, APJII. 2018. 22 Maret 2018. Survey APJII: Penetrasi Internet di Indonesia Capai 143 Juta Jiwa (Online), (https://apjii.or.id/survei2018s), diakses 10 Desember 2019.
Changho Lee & Ocktae Kim. 2016. Predictors of Online Game Addiction Among Korean Adolescents, Journal Addiction Research & Theory. 25(1), 58-66 (Diakses dari http://dx.doi.org/10.1080/16066359.2016.1198474 [15 September 2019]).
Dahlan, Nurhidayatullah. 2017. Pengaruh Teknik Self-Management dalam Mengatasi Siswa yang Mengalami Kecanduan Game Online di SMP Negeri 17 Makassar, Jurnal Al-Qalam. 23(1), 116-121 (Diakses dari http://jurnalalqalam.or.id/index.php/Alqalam/article/view/377/290 [20 Maret 2020)].
Darwis, M., Amri, K., & Reymond, H. 2020. Dampak dari Kecanduan Game Online di Kalangan Remaja Usia 15–18 Tahun di Kelurahan Kayuombun. Ristekdik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(2), 228-233.Desmita. 2013. Psikologi perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (Diakses dari http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/Ristekdik/article/view/2088 [18 November 2020]).
Diclemente, Carol C. 2018. Addiction and Change: How Addiction Develop and Addicted People. London: The Guilford Press.
Handayani, Tri. 2017. Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Manajemen Diri untuk Mengurangi Kecanduan Game online Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 11 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Diterbitkan. Lampung: Fakultas Tarbiah dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. (Diakses dari http://repository.radenintan.ac.id/539/1/SKRIPSI_LENGKAP_TRIHANDAYANI.pdf [8 Agustus 2019]).
Karadag, Engin, dkk. 2015. Determinants Of Phubbing, Which Is The Sum Of Many Virtural Addictions: A Structural Equation Model. Journal of Behavioral Addictions. (Diakses dari https://doi.org/10.1556/2006.4.2015.005 [10 September 2019]).
Komalasari, Gantina., dkk. 2011. Teori dan Teknik Konseling. Jakarta: PT Indeks.
Lebho, M. A., Lerik, M. D. C., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. 2020. Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202-212. (Diakses dari https://ejurnal.undana.ac.id/CJPS/article/view/2232 [ 16 Agustus 2020 ]).
Marlianti, Dewi. 2015. Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Pola Tidur dan Motivasi Belajar Anak Usia 10-12 Tahun di SD Mattoangin 2 Kecamatan Mariso Kota Makassar. Skripsi Diterbitkan. Makassar: Fakultas Ilmu Kesehatan UIN ALLAUDIN Makassar. (Diakses dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/id/eprint/4814 [1 September 2019]).
Nursalim, Mochamad. 2014 Strategi & Intervensi Konseling. Jakarta: Akademia Permata.
Pratama, Riki. 20 Juni 2019. Remaja Bangka Barat Alam Perubahan Perilaku GaraGara Kecanduan Game Free Fire (Online), (https://www.tribunnews.com/regional/2019/06/20/remaja-bangka-barat-alami-perubahaan-perilaku-gara-gara-kecanduan-game-free-fire), diakses 25 Juli 2020.
Priyatna, Andri. 2012. Parenting Dunia Digital. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Solikhah, Fitriatun & Casmini. 2016. Efektivitas Pendekatan Rational Emotive Behaviour Thrapy Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Pada Anak Sekolah Dasar Di SDN Jumeneng , Sumberadi, Mlati Sleman. Jurnal Hisbah, 13(2), 14-13. (Diakses dari http://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/hisbah/article/view/1075 [11 Agustus 2019]).
Tim Penyusun Kemendikbud. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Ulfa, Mimi. 2017. Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Perilaku Remaja di Mabes Game Center Jalan HR Subrantas Pekanbaru. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau, 4 (1), 1-11. (Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/119938-ID-pengaruh-kecanduan-game-online-terhadap.pdf [20 Agustus 2019]).
Wiguna, Ganda Yogi & Herdianto, Yohanes Kartika. 2018. Coping Pada Remaja yang Kecanduan Bermain Game Online. Jurnal Psikologi Udayana. 5(3), 669-678. (Diakses dari https://doi.org/10.24843/jpu.v5i3.43270 [25 Oktober 2019]).
Yusuf, Syamsu & Sugandi, Nani M. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.2.3419
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia