KONTRIBUSI SELF AWARENESS DAN PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP DECISION MAKING PADA PENGURUS HIMBIKONS PERIODE 2019/2020 FKIP ULM

Muhamad Noor Alfiansyahrani

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran self awareness dan perilaku bertanggung jawab terhadap decision making pada pengurus Himbikons periode 2019/2020 FKIP ULM. Serta untuk mengetahui kontribusi self awareness dan perilaku bertanggung jawab terhadap decision making pada pengurus Himbikons periode 2019/2020 FKIP ULM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian kontribusi. Alat pengumpulan data menggunakan angket skala likert dan teknik penarikan sampel dengan cara sampel jenuh yaitu mengambil sampel secara keseluruhan. Yaitu 50 orang pengurus Himbikons periode 2019/2020 menjadi sampel penelitian. Dengan teknik analisis data menggunakan.statistik deskriptif dan regresi liniear berganda. Hasil.dari penelitian!yang dilakukan pada pengurus Himbikons periode 2019/2020. pada pengurus self awareness, perilaku bertanggung jawab dan decision making dalam kategori tinggi. Hasil dari Teknik analisis data menggunakan Uji Regresi Liniear Berganda dan berdasarkan hasil analisisi ditemukan bahwa adanya kontribusi antara variabel X1 (self awareness) dan X2 (perilaku bertanggung jawab) secara bersamaan. Hal tersebut memberikan kontribusi terhadap decision making sebesar 86,8% sedangkan sisanya yaitu 13,2% decision making dapat dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan kata lain, semakin tinggi self awareness dan perilaku bertanggung jawab maka akan menjadikan decision making seseorang meningkat atau semakin baik.


Full Text:

PDF

References


Kusumaningrum, Elza. 2016. “Perbedaan Perilaku Prososial dan Self Awareness Terhadap Nilai Budaya Lokal Jawa Ditinjau Dari Jenis Kelamin Pada Siswa Kyai Angeng Basyariah Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun”. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 6(2): 17-30. (Diakses dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JBK/article/view/1014/0 [25 Agustus 2019]).

Meinarno, Eko & A, Sarlito W. Sarwono. 2015. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.

Mustari, Mohammad. 2017. Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.2.3420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats