KONSELING REALITAS UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB BELAJAR RENDAH PADA SISWA SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

Sapitri Sapitri

Abstract


Rendahnya tanggung jawab belajar pada siswa kelas IX di SMP Negeri 25 Banjarmasin mengakibatkan siswa tidak bersungguh-sungguh dalam belajar, tidak mengerjakan tugas tepat waktu, dan sering telambat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan gambaran tanggung jawab belajar pada siswa sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok realitas menggunakan teknik WDEP. Penelitian ini juga untuk mengetahui efektivitas konseling realitas untuk meningkatkan tanggung jawab belajar yangi rendah pada siswa kelas IX di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen dengan Pretest - Postest Control Grup Desain. Dilaksanakan di SMP Negeri 25 Banjarmasin, instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan sampel diambil dengan teknik purposies sampling yang berjumlah 4 orang. Hasil penelitiani ini menunjukkan bahwa. Berdasarkan perhitungan Mann- Whitney melalui aplikasi SPSS Versi 25, pada tabel Ranks, kolom Sum of Rank diperolehi jumlah rangking Pretes = 10,00 dan Ranking Postest = 26,00. Selanjutnyai pada tabel Test Statistics barisi Mann-Whitney U diperoleh Harga U 0,0 dan p-value = 0,021 / 2 = 0,010 < 0,05 sehingga kesimpulan yang dapat diambil yaitu Ha diterima yang berarti konseling realitas menggunakan teknik WDEP dalam layanan konseling kelompok efektif meningkatkan tanggung jawab belajar pada siswa yang ditandai dengan adanya peningkatan tanggung jawab belajar sebelum dan sesudahi diberikan teknik WDEP dalam layanan konseling kelompok.

Full Text:

PDF

References


Azwar, Saifuddin. 2019. Konstruksi Tes Kemampuan Kognitif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bariyyah, Khairul, dkk.i Konselingi Realitai untuki Meningkatkani Tanggung Jawabi Belajari Siswa. Jurnali [online], tersedia: https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/8767 [5 September 2018].

Corey, Gerald. 2913. Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi. Terjemahan oleh E. Koswara. Bandung: PT Refika Aditama

Dewi, Febriani Putri. 2016. Tingkat Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 Dan Emplikasi Terhadap Usulan Topik-topik Bimbingan BelajarI. Yogjakarta: Universitas Sanata Dharma

Muzazanah, Ana Isnain. 2017. Studi Komparatif Tanggung Jawab Belajar Antara Siswa Yang Diajar Menggunakan Metode Pembelajaran Diskusi Dengan Siswa Yang Diajar Menggunakan Mtedoe Pembelajaran Pemberian Tugas Mata Pelajaran PAI Siswa kelas VII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali. Surakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Nurihsan, Achmad Juntika. 2012. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung ; PT Refika Aditama

Utami, Ristina Dwi. 2015. Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Siswa Kelas V SD Se-Gugus V Kecamatan Gulur Kabupaten Kulon. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.3.3879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats