EFEKTIVITAS TEKNIK MODELLING UNTUK MENINGKATKAN EMPATI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANJARMASIN
Abstract
Empati merupakan kemampuan seorang individu untuk dapat turut serta menghayati apa yang orang lain rasakan atau merasakan sesuatu yang dirasakan oleh orang lain. Tujuan utama dalam penelitian ini untuk mengetahui efektivitas teknik modelling untuk meningkatkan empati padai pesertai didik kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan bentuk Pretest-Posttest control group design. Sampel pada penelitian ini didapatkan dari hasil angket dengan kriteria tertentu melalui teknik purposive sampling yang berjumlah 4 orang. Hasil dari penelitiani ini menunjukkan bahwa berdasarkan pegujian dari data yang diperolehi dengan rnenggunakan rumusi Uji T-test menunjukkan bahwa thit >ttab (17,33> 4,303 dengan probabilitasi kesalahani 0.05 atau 5%). Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan tingkat empati sebelum dan sesudah diberikan teknik modelling melalu layanan konseling individual. Teknik modelling dalam layanan konseling individual terbukti efektif dalam meningkatkan empati pesertai didik kelas XI di SMK Muhammadiyah 1 Banjarmasin.
Full Text:
PDFReferences
D.Goleman. (1998). Kecerdasan Emosional.Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Erford, Bradley T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor.Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetijipto & Sri Mulyantini Soetijipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prayitno & Erman, Amti. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling Edisi Revisi.Jakarta : Rineka Cipta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.
Sukmawati, Fitri. (2017). “Bullying di Media Sosial: Potret Memudarnya Empati”. Jurnal dakwah, Volume 11 No. 1, h. 76-88.
Tim Penyusun. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Willis, Sofyan S. (2004). Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung:Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.3.3881
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia