EFEKTIVITAS TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENGURANGI KECEMASAN AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI MIA DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kecemasan akademik yang tinggi pada siswa kelas XI MIA. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektivan layanan konseling individual dengan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi kecemasan akademik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group design yang berbentuk suatu rancangan eksperimen (true experimental design) penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh menggunakan rumus Thit > Ttab 18 > 4,303 dengan probabilitas (0.05 atau 5%). Jadi keseimpulannya yang dapat diambil yaitu Ho ditolak dan Ha diterima berarti teknik cognitive restructuring dalam layanan konseling individual efektif terhadap mengurangi kecemasan akademik. Pada proses penelitian dilaksanakan ada catatan dalam menjalankan proses konseling individual dengan teknik cognitive restructuring untuk siswa diharapkan dapat makin menyadari bahwa diri sendiri dapat bersaing dengan teman sebaya dalam bidang akademik. Untuk guru BK dapat menggunakan teknik cognitive restructuring untuk mengurangi kecemasan akademik terbukti bahwa efektif.
Full Text:
PDFReferences
Afifah, Fadhila. 10 Oktober 2019. Kisah Pandhu, Remaja yang berjuang Melawan Gangguan Kecemasan dan Psikomatis, Anak yang Alami Gangguan Mental Perlu Diobati” https://today.line.me/id/pc/article/kisah+pandhu+remaja+yanag+berjuang+melawan+gangguan+kecemasan+dan+psikomatis+%E2%80%9CAnak+yang+alami+gangguan+mental+perlu+diobati%E2%80%9D-BRxW5n [Diakses pada tanggal 21 Oktober 2019].
Annisa, Dina Fitri & Ifdil. 2016. “Konsep Kecemasan (Anxienty) pada Lanjut Usia (Lansia)”. Received April11, 2016 ; Revised May 11, 2016;Accepted June 30, 2016. (Diakses dari https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor [diakses pada 27 september 2019]
Daryanto & Farid Mohammad. 2015. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Gava Media.
Diana, Cristi Chintia. 2013. “Penggunaan Strategi Cognitive Restructuring (CR) untuk Meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X-TSM (Teknik Sepeda Motor)- SMK Negeri 1 Mojokerto”. Jurnal BK UNES https://media.neliti.com/media/publications/249517-none-3151bf60.pdf [diakses pada 27 September 2019]
Dwi, Lestari Rizky. 2018. Penggunaan Teknik Restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi Kecemasan Siswa dalam Menghadapi Ujian Semester pada Siswa Kelas XI di MAN 3 Medan. Skripsi pada Sarjana Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Medan: Tidak Diterbitkan
Emzir. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Depok: Raja Grafindo Pers.
Erford, T Bradley. 2017. 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fausiah Fitri & Widury Julianti. 2014. Psikologi Abnormal. Jakarta: UI Press.
Firman, Firman & Neviyarni, Neviyarni & Fajar, Romi Tanjung. “Peningkatan Keterampilan Belajar dan Pencegahan Kecemasan Akademik Mahasiswa Baru Melalui Konseling Kelompok di Perguruan Tinggi” ttps://www.researchgate.net/profile/Firman_Firman11/publication/328419818 [diakses pada 28 September 2019]
Hayyu, Imroatul Hayyu. dkk. 2016. “Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy dengan Teknik Cognitive Restructuring untuk Mereduksi Prokrastinasi Akademik”. Jurnal Bimbingan dan Konseling https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/14029 [diakses pada 28 September 2019]
Hayat Abdul. 2014. “Kecemasan dan Metode Pengendaliannya”. Fakultas Tarbiayh dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin. (Diakses dari https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/khazanah/article/view/301 [27 September 2019])
Hikmawanti, Fenti. 2017. Metodelogi Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Istiantoro Debi. 2018. “Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul”. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan dan Konseling http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/view/12600 [diakses pada 27 September 2019]
Juntika, Achmad Nurihsan. 2012. Strategi Layanan Bimbingan & Konseling. Bandung: Refika Aditama.
Manurung, Nixson. 2016. Terapi Reminiscence. Jakarta: Trans Info Media.
Margono. 2014. Metologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Neolaka, Amos. 2014. Metode Penelitian dan Statistika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prayitno & Amti, Erman. 2015. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugianto Akhmad. 2018. “Identitas Masalah Pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin”. UPT-BKPK & UPI http://eprints.ulm.ac.id/4462/ [diakses pada 24 maret 2021]
Sugianto Akhmad. 2016. “Perencanaan Pendidikan Melalui Program Individual Learning Plan di Sekolah Menengah Pertama”. PD-ABKIN KALSEL http://eprints.ulm.ac.id/4463/ [diakses pada 24 maret 2021]
Sugiyono. 2017. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, Wiratna & Poly Endrayanto. 2012. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susanto Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Prenada Media.
Tim Penyusun. 2016. Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Menemgah Atas (SMA). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Tim Penyusun. 2018. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Revisi Tahun 2018. Banjarmasin: Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Wahyuni, Siregar Siti. 2018. “Konsep Dasar Konseling Kelompok”. HIKMAH. V, (1) http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/Hik/article/viewFile/853/pdf_4 [diakses pada 28 September 2019]
Yanti, Oktavia Filda dkk. “Single Subject Research : Pembelajaran Phytagoras pada
Siswa Introvert Kelas VIII”. file:///C:/Users/user/Downloads/147-Article%20Text-743-3-10-20181120%20(1).pdf [diakses pada 24 Desember 2019]
DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.3.3885
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia