EFEKTIVITAS ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 25 BANJARMASIN

Amelia Safitri

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tingkat interaksi sosial yang rendah pada siswa di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan interaksi sosial pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan intact-group comparison yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 25 Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 129 orang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 4 orang. Instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran kuesioner skala Likert untuk meningkatkan interaksi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus Uji T-test yang menunjukan bahwa Thit > Ttab (8 > 4,303 dengan probabilitas kesalahan 0,05 atau 5%). Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti teknik role playing dalam layanan konseling kelompok efektif terhadap peningkatan interaksi sosial siswa. Diharapkan dengan adanya penelitian ini terutama untuk guru BK dapat mengimplementasikan teknik role playing secara inovatif pada siswa untuk meningkatkan kemampuan interaksi sosial dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan tahap-tahap pelaksanaan teknik role playing dan mampu mencari planning jika terjadi suatu hambatan dalam pelakasanaan layanan konseling kelompok menggunakan teknik role playing.


Full Text:

PDF

References


Anggara, Bayu. 2017. Keefektifan Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Forgivness Siswa SMP. Magister Bimbingan dan Konseling: Universitas Negeri Malang. Malang: tidak diterbitkan.

Cristi, Chintia Diana. 2013. “Penggunaan Strategi Cognitive Restrcuturing (CR) Untuk meningkatkan Efikasi Diri Siswa Kelas X – TSM (Teknik Sepeda Motor) – 1 SMK Negeri 1 Mojokerto”. Jurnal BK UNESA, 4 (1) 266-273, (dari https://media.neliti.com/media/publications/249517-none-3151bf60.pdf [diakses tanggal 20 Agustus 2020]).

Darmasari, Monica Sindhi Vania. 2018. Hubungan Antara Kecenderungan Memaafkan (Forgiveness) dan Kepuasan Perkawinan pada Individu dengan Usia Perkawinan Minimal 5 Tahun dan Memiliki Anak. Sarjana Psikologi: Universitas Sanata Dharma. Yogjakarta: tidak diterbitkan.

Manik, Resmin. 2017. “Teknik Cognitive Restructuring Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi dan Forgiveness”. Jurnal Jumpa, 5(2) 67-78 (dari https://stkyakobus.ac.id/ejournal/index.php/jumpa/article/download/56/49/ [diakses tanggal 23 Oktober 2019]).

Nashori, Fuad. 2008. Psikologi Sosial Islami. Bandung: PT Refika Aditama.

Sitepu, Fatmawati. 2019. Cognitive Restructuirng Untuk Menangani Pola Pikie Negatif Seorang Santriwati di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya. Sarjana Soisal: Universitas Negeri Sunan Ampel. Medan: tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukardi, Dewa Ketut. 2015. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Tohirin. 2014. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT RajaGrafindo.




DOI: https://doi.org/10.20527/jpbk.2021.4.3.3886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



PUBLISHER:
Program Studi Bimbingan dan Konseling
FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin, South Kalimantan, Indonesia


 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
  
View My Stats