Edukasi Narkoba Kepada Kader dan Karang Taruna di Kelurahan Landasan Ulin Tengah
Abstract
Penyalahgunaan narkoba semakin marak dan hingga kini masih menjadi permasalahan nasional yang belum teratasi. Pengguna narkoba berasal dari berbagai jenjang status sosial ekonomi mulai dari menengah bawah hingga menengah atas, tidak hanya orang dewasa namun sekarang menyebar hingga tingkat remaja dan anak-anak. Upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba memerlukan dukungan dari semua lapisan Masyarakat. Kader dan karang taruna merupakan orang-orang terdekat dengan Masyarakat dan berperan penting dalam peningkatan kualitas kesehatan dan kesejahteraan Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi mengenai narkoba kepada kader dan karang taruna agar dapat memberikan edukasi kepada masyarakat lainnya, sehingga pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba di Masyarakat dapat berjalan. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan yaitu pretest, penyampaian materi dengan metode ceramah menggunakan media powerpoint, dilanjutkan sesi diskusi dan posttest. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan melalui kuisioner pretest dan posttest menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan peserta dari 84,6% menjadi 86,9%.
Kata Kunci: Kaderisasi, Bahaya Penyalahgunaan Narkoba, Masyarakat
Drug abuse is increasingly widespread and is still a national problem that cannot resolved optimally. Drug users range from lower to middle economic levels to upper socio-economic status, not only adults but also teenagers and children. Drug prevention and eradication efforts require support from all levels of society. Cadres and Karang Taruna are the people closest to the community and play a leading role in improving the quality of health and welfare of the community. The activity aims to provide drug education to cadres and Karang Taruna so that they can provide education to other communities so drug prevention and eradication can occur in society. The activities were a pretest, Provide education using lecture method with PowerPoint Presentation, a discussion session, and a posttest. Based on evaluations through pretest and posttest, it showed an increase in participants knowledge from 84.6% to 86.9%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Effendy, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-Test Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat HDW.DEV.100.2.A pada Siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 1(2), 81-88.
Kominfo. 2015. Darurat Narkoba, Jokowi: Perkuat Institusi BNN. Diakses pada 2
April 2023. Melalui https://www.kominfo.go.id/index.php/content/
detail/5991/Darurat-Narkoba--Jokowi--Perkuat-Institusi-BNN/0/sorotan_me
dia
Permenkes RI. (2023). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia no 5 tahun 2023 tentang Narkotika, Psikotropika dan Prekursor Farmasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
Puslitdatin. (2019). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Diakses pada 2 April 2023. Melalui https://bnn.go.id/penggunaannarkotikakalangan-remaja-meningkat/
Puslitdatin. (2021). Survei Nasional Penyalahgunaan Narkoba. Diakses pada 2 April 2023. Melalui https://puslitdatin.bnn.go.id/konten/unggahan/2022/07/
SURVEI-NASIONAL-PENYALAHGUNAAN-NARKOBA-TAHUN-2021
-1.pdf
Rizqoh, D., Anggraini, R., Dita, D.A.A. (2021). Penyuluhan Dampak Negatif Penyalahgunaan Narkoba di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat As-Salam, 1(1), 9-15
Purwanto, N. (2009). Prinsip – Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjono, A., (2001). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wulandari, H., & Kusumastuti.I. (2020). Peran Bidan, Kader, Dukungan Keluarga dan Motivasi Ibu terhadap Perilaku Ibu dalam Pnecgahan Stunting. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 19(2), 73-80.
DOI: https://doi.org/10.20527/jpmp.v1i3.10191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Pengabdian Masyarakat Panacea dipublikasi oleh
Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker Universitas Lambung Mangkurat
Jl. A. Yani Km. 36 Banjarbaru 70714 Indonesia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License